Ellen Kumaat: Softskill Membentuk Karakter Dosen yang Tangguh, Cakap dan Cerdas

Manado – Upaya meningkat sumber daya manusia (SDM), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar workshop pengembangan softskill untuk para dosen, Selasa (20/9/2022).

Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, IPU, dalam sambutannya mengatakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan tinggi adalah pembentukan SDM. Para dosen diharapkan menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar, mendidik, menginspirasi dan menjadi suri teladan.

“Workshop untuk pengembangan softskill, membentuk karakter dosen yang tangguh, cakap dan cerdas dalam menjalankan tugas,” ujar Ellen Kumaat.

Dia menambahkan, menghadapi era ‘society’ dua hal harus dilakukan yaitu adaptasi dan kompetensi.

“Adaptasi dengan society 5.0 kita perlu mengetahui perkembangan generasi untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0, dalam dunia pendidikan diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboratorion),” tandas Ellen Kumaat.

Diketahui, perguruan tinggi sebagai lembaga yang menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan bagi dosen, penting untuk mengedepankan hard skill dan soft skill.

Baca Juga:  Dana Rp52 Miliar Tersedia, Gaji 13 ASN-P3K Pemprov Sulut Siap Cair Juli

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait