Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaTomohon

Evaluasi Program Smart City, Solang Jabarkan 6 Dimensi yang Telah Dilakukan Pemkot Tomohon

×

Evaluasi Program Smart City, Solang Jabarkan 6 Dimensi yang Telah Dilakukan Pemkot Tomohon

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS.COID – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tomohon Dra. Lilly Ester Solang secara daring memaparkan program – program Smart City kepada tim assesor Smart City Nasional Rini Rachmawati( akademisi Universitas Gadjah Mada), Hari Kusdaryanto(dari CitiAsia.Inc), Teddy Sukardi dan Mariam Barata(dari Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia), bertempat di ruang rapat Kantor Wali Kota, Rabu (05/10/2022)

Kegiatan dalam rangka evaluasi program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City).

MANTOS MANTOS

Lily Solang memaparkan program-progam smart city yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon dari 6 (enam) dimensi smart city yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Sejak dilaunching pada Tahun 2017 ”Gerakan Menuju 100 Smart City,” berdasarkan hasil assessment tim ahli yang bekerjasama dengan Kemenkominfo terpilihlah Kota Tomohon menjadi salah satu daerah yang masuk dalam program pendampingan dan menjadi 25 kota dan kabupaten pertama sebagai pilot project yang dibina.

Adapun target pembangunan Kota Pintar (Smart City) nasional, akan melahirkan pemerintah daerah yang solutif dalam menangani masalah ekonomi, penduduk, birokrasi, transportasi serta lingkungan hidup.

Agenda lain yang juga diselesaikan dalam Smart City yakni menghubungkan infrastruktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur sosial dan bisnis infrastruktur untuk meningkatkan pembangunan kota.

Dalam rangka menjawab Visi Misi dari CSWL periode 2021-2024, terkait pembangunan lima tahun kedepan, Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2021-2026 telah memuat tujuan dan sasaran serta sebelas prioritas pembangunan daerah termasuk dua puluh program unggulan, di antaranya program Smart City.

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo, Royke A. Roeroe SP, MAP, Inspektur, Jeane A. Bolang, SH, MH, Kepala Dinas PMPTSP, Ir. Ervins D.H. Liuw, Msi, Kepala BPKPD, Drs. Geraldus E. Mogi, Kepala Dinas PUPR, Ir. Enos A.A. Pontororing, Msi, Kepala Disdukcapil, Albert J. Tulus, SH, Kepala BPBD, Hengkie Y. Supit, SIP, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Jhon J. L. Lumopa, Kepala Dinas Perhubungan, Joppie R. Kalangi, SH, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ir. Nova S. Rompas, Kepala Dinas Perkim, Joice C. L Taroreh, ST, MSi, serta pejabat eselon III dan staf perwakilan dari Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tomohon.

Example 120x600