Kapuskesad Dampingi Pangdam Denny Tuejeh Meresmikan dan Uji Fungsi Terintegrasi Mobile Field Hospital Kesdam XIII/Merdeka di Manado

Manado – Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh didampingi Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S meresmikan sekaligus melaksanakan uji gelar integritas Mobile Field Hospital atau Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Kesdam XIII/Merdeka, Kamis (13/10/2022) di lapangan Gajah Mada Mapomdam XIII/Merdeka.

Pada peresmian Mobile Field Hospital atau rumah sakit lapangan ini dilakukan gelar uji fungsi terintegrasi yang bertujuan untuk memastikan apakah alat alat kesehatan, sarana dan prasarana pendukung dalam Mobile Field Hospital ini dapat berfungsi dengan baik serta sistem didalamnya apakah sudah terintegrasi di seluruh ruangan rumah sakit lapangan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Jenderal Bintang Dua tersebut mengatakan dari sekian banyaknya Kodam saya tidak yakin kalau semuanya mendapat program ini.

” Saya atas nama Pangdam XIII/Merdeka mengucapkan terimakasih kepada Kapuskes, karena kita telah dialokasikan program ini dan ini adalah sebagai salah satu bentuk perwujudan dari motto Angkatan Darat yang responsif “, kata pati Almamater 1988 tersebut.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Denny Tuejeh Menegaskan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama Siap Laksanakan Tugas Operasi di Papua

Dijelaskan mantan Wadanpusterad bahwa, Rumkitlap ini di desain dengan tujuan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan misalnya bencana banjir, bencana alam dan lain lain sebagainya yang membutuhkan penanganan rumah sakit di lapangan sesegera mungkin. Kita bersyukur sudah disiapkan rumah sakit ini dan ini adalah bentuk respon pimpinan yang menilai karakteristik wilayah geografis kita disini rawan bencana sehingga kita diberi rumah sakit ini. Jadi rumah sakit ini mudah mudahan disiapkan untuk masyarakat tapi saya berharap semoga tidak akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan ini juga menjadi satu pelengkap kebanggaan untuk kodam di wilayah ini.

” Saya selaku panglima tentunya akan bangga ngomong kepada bapak Gubernur bahwa saya punya ini, mudah mudahan tidak terjadi tapi kalau dibutuhkan saya sudah punya sekali lagi ini sangat bermanfaat untuk kita bukan hanya bermanfaat kalau terjadi sesuatu tetapi juga bermanfaat untuk menaikan marwah Kodam XIII Merdeka sekali lagi saya ucapkan terimakasih pak Kapuskes “, ujar Pangdam.

Sambil menambahkan, kedepannya pemeliharaan alat ini harus dikelolah dan dijaga serta dipelihara betul dan tugas kita semua untuk terus menggugah anggota anggota, karena kedepannya kita akan menerima peralatan yang semakin canggih dan semakin modern.

Baca Juga:  Lima Pejabat Kodam XIII/Merdeka Diganti

Sementara itu Kapuskesad Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S menyampaikan ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa menghadirkan Mobile Field Hospital di jajaran Kodam XIII/Merdeka tentunya ini semua berkat kajian masukan dan saran dari komando wilayah dan tentunya berdasarkan bencana alam yang sering timbul.

Rumkitlap ini merupakan pengadaan dari Mabesad selain Kodam XIII/Merdeka ada juga Kodam VI/Mulawarman dan juga 2 batalyon kesehatan di Kostrad. Sedangkan untuk pengadaan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) sudah tergelar di Kodam I/Bukit Barisan dan Kodam IV/Hasanudin.

” Mobile Field Hospital ini adalah rumah sakit lapangan katakanlah mandiri jadi bergerak mandiri yang dilengkapi dengan alat medis canggih dan sarana serta prasarana mandiri seperti water purification, dapur, alat komunikasi, jaringan internet serta sistem komputerisasi yang terintegrasi di seluruh ruangan, pendingin AC dan lain lain “, ungkap Pati Almamater Sepa PK TNI 1989 yang mahir dalam bidang Kesehatan.

Diharapkan rumah sakit lapangan ini bisa mampu mandiri baik untuk melayani pasien maupun untuk personel yang terlibat, dan terdiri dari 16 unit Mobil logistik, 1 unit mobil Genset, 1 unit mobil tangki BBM, 1 unit mobil penjernih air, 1 unit mobil ambulance medis, 1 unit mobil Alkom, 1 unit mobil dapur lapangan dan 2 unit mobil MCK/Toilet.

Baca Juga:  SDN 1 Motoboi Besar Dilahap Si Jago Merah, Kerugian Ditafsir Capai Ratusan Juta

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Dircab Puskesad Brigjen TNI dr.Moh.Arif Hariyanto, Sp.B.,F.I.C.S, Kabalakada Puskesad Kolonel Ckm Agus Sukmono, S.K.M., M.M, Kasubditbindukkes Sdircab Puskesad Kolonel Ckm dr.Tjatur Winarsanto,Sp.PD, Kasubditbinmatkes Puskesad Kolonel Ckm Dr.Kartika Agung K,S.E., S.K.M., Pamen Ahli Bidang Jemenorg Kolonel Ckm Novis Antoni, S.K.M, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr.Ponco Darmono, Sp.B,Karumkit Kolonel Ckm dr.I Gede Putu Arsana, Sp. PD, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kabag Ada Bekkes BBO dan Matum Letkol Ckm Mufit Semiarto, S.Psi., M.Kes, Kasi Instalkeslemdik Subditbindukkes Sdircab Puskesad Mayor Ckm Khairy Indra Gunawan,S.ST., M.Tr.ID, para Dandim sejajaran Korem 131/Santiago, dan para Pejabat Utama Kesdam XIII/Merdeka.

(Regina.TS)

 

 

Pos terkait