Korem 131/Santiago Gelar Upacara Sumpah Pemuda ke-94 “Bersatu Bangun Bangsa”

Manado – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Komando Resor Militer (Korem) 131/Santiago melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022) di Markas Korem 131/Santiago.

Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago yang diwakili Kasiops Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Aris Windarto bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan Upacara (Danup) Wadandenhub Korem 131/Santiago Mayor Chb Hamsa Hafid dan Perwira pengatur Lettu Chb Mohaman Abdul.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Kasiops Kasrem 131/Santiago membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali bahwa peringatan hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Baca Juga:  Open Tournament Danlanud Cup 2022 di Lanud Sri Manado

“Bersatu Bangun Bangsa”, tema ini diambil untuk memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa indonesia.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan atas segala-galanya.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar indonesia emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetisi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreatifitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda indonesia.

“Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras”, tambah Kasiops Kasrem 131/Santiago.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasiren Korem 131/Santiago Kolonel Inf Teguh Pamungkas, Kasiintel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf. Sandy, S.I.P, Kasipers Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Suntikno S,pd., Kasiter Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Danny Hermawan, Kasilog Kasrem 131/Santiago Kolonel Czi Agung Isa Rahkman, Dandenpom XIII/1 Manado Letkol Cpm Andi Suandi SH, Dandenkes Manado Letkol Ckm Dadan Hendayan, S.Psi, Dandenhubrem 131/Santiago Letkol Chb Hendra Sormin S.T, Ka Ajenrem 131/Santiago Letkol Caj Iman Qodaro, Dandenpal Manado Letkol Cpl Berti B. Kaunang.

Baca Juga:  Kasdam Merdeka Menerima Paparan RGB Latihan Posko I dan LDS Satgas BGC XXXIX-E/Monusco Kongo

(***/Regina.TS)

 

 

Pos terkait