Masyarakat Wajib Tahu! PP Nomor 11 Tahun 2017 Beri Kewenangan kepada Wali Kota

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Pada Senin, 7 November 2022, Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk SH, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melantik Pejabat Tinggi Pratama (Eselon IIb) pada beberapa Perangkat Daerah yang ada di Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan manajemen PNS, PPK mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS serta pembinaan Manajemen PNS di Instansi Pemerintah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Atas penjelasan itu, Wali Kota Tomohon memiliki wewenang dalam Pengangkatan PNS dalam Jabatan Struktural dengan memperhatikan pertimbangan objektif antara lain kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dibutuhkan oleh jabatan, penilaian atas prestasi kerja, kepemimpinan, kerja sama, kreativitas, dan pertimbangan dari Tim Penilai Kinerja PNS, tanpa membedakan gender, suku, agama, ras, dan golongan.

Oleh sebab itu, pengisian Jabatan Timpinan Tinggi Pratama di Pemerintah Kota Tomohon beberapa waktu yang lalu tersebut telah sesuai dengan aturan dan dilakukan secara terbuka serta kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:  Yasti: 2024 Insyaallah Kita Bertarung Lagi

Setiap PNS yang memenuhi syarat mempunyai hak yang sama untuk dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. Dalam Pasal 107 huruf C Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, JPT Pratama diisi dari kalangan PNS yang memenuhi persyaratan teknis untuk dapat diangkat dalam JPT Pratama, di antaranya : 1). Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV; 2). Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Memiliki kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi Jabatan yang ditetapkan; 3. Memiliki pengalaman dan atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional Jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun; 4. Memiliki rekam jejak Jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. 5. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun; dan 6. Sehat jasmani dan rohani.

Pada prinsipnya, Pemerintah Kota Tomohon selalu mengacu pada Peraturan perundang-undangan terkait tentang Kepegawaian dan Manajemen PNS serta prosedur, mekanisme dan tahapan yang benar dalam menempatkan pejabat pada suatu Jabatan PNS, termasuk Pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama.

Baca Juga:  Kodam XIII/Merdeka Gelar Rakernis Intel 2022

Terkait pengangkatan PNS dlm jabatan seperti ini perlu diketahui dari Aspek perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian Pemkot Tomohon di AKUI & DIHARGAI oleh Pemeritah pusat melalui Badan Kepegawaian Nasional RI dengan BKN Award kategori Kota Kecil pada bulan Oktober 2022 lalu.

Selain itu, perlu dipahami untuk pelantikan terakhir ini malah menjadi sejarah di Tomohon di mana KASN menerbitkan surat rekomendasi tercepat hanya dalam kurang waktu 2 hari saja dan ini sangat perlu diketahui oleh masyarakat luas sebagai bentuk literasi.

Demikian. Salam sukses bersama demi kebaikan dan kemajuan bersama.(*)

Pos terkait