Keramaian Pasar Karombasan, Tradisi Menjamu Keluarga Masih Terjaga

Manado – Kesibukan warga kota Manado khususnya umat Nasrani sehari menjelang Natal tampak meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Seperti yang terpantau wartawan Manadonews.co.id di pasar tradisional Pinasungkulan Karombasan Manado, Jumat pagi (24/12/2022), ratusan bahkan ribuan warga tumpah ruah datang untuk berbelanja kebutuhan Natal seperti ikan laut, sayur mayur, daging ayam, daging babi dan lainnya, untuk dipersiapkan dalam menjamu makan para tamu, keluarga, tetangga di hari Natal.

Bacaan Lainnya

Hal ini tentu menimbulkan kemacetan lalulintas di sekitar pasar tersebut.

Situasi mulai ramai terpantau sejak pukul 06.30 Wita, ratusan pedagang aneka kebutuhan sembilan bahan pokok juga daging tampak memadati area pasar tradisional ini.

Sayur mayur yang dijual berasal dari kota Tomohon, di antaranya, kembang kol, wortel, kacang buncis, dan masih banyak lagi.

Meskipun penularan Covid-19 belum usai namun tidak menghalangi warga untuk berdesak-desakan.

Baca Juga:  Alasan Klasik Warga 'Serbu' Pasar Tradisional Menjelang Natal

Yuli dan Lia Nender, hampir setiap tahun sehari menjelang Natal datang berbelanja, karena bisa menawar harga sedikit lebih murah dibandingkan di supermarket.

“Kalau di sinikan harganya sedikit lebih murah dibandingkan di pasar swalayan dan kami bisa tawar menawar,” ujar Yuli.

Dia menambahkan, sudah menjadi tradisi saat hari Natal selalu mengundang keluarga ke rumah untuk jamuan makan dari luar Manado maupun yang datang berlibur.

“Biarpun masih dalam situasi pandemi belum usai, tapi tidak mengurangi suka cita kami. Di sini kami bisa mendapatkan berbagai keperluan sesuai keinginan,” tambah Lia.

(BenyaminAlfonso)

 

Pos terkait