Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

Caleg Manipulasi Persyaratan Terancam Pidana, Bawaslu Perlu Mendesak KPU Lakukan Hal Ini

×

Caleg Manipulasi Persyaratan Terancam Pidana, Bawaslu Perlu Mendesak KPU Lakukan Hal Ini

Sebarkan artikel ini
Ferry Daud Liando

Manado – Usai parpol mendaftarkan nama-nama calon anggota legislatif pada 14 Mei 2023 untuk diikutsertakan pada kontestasi Pemilu 2024 maka tugas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) adalah memeriksa dokumen yang diajukan sebagai persyaratan.

KPUD diminta untuk mencermati secara saksama terkait kebenaran dari dokumen yang diajukan.

MANTOS MANTOS

Menurut dosen kepemiluan Ferry Daud Liando, KPUD jangan hanya memeriksa kelengakapan dokumen tetapi juga harus memeriksa kebenaran dokumen itu.

“Beberapa dokumen yang berpotensi dapat dimanipulasi adalah ijasah, surat keterangan kesehatan atau riwayat hukum,” jelas Ferry Liando kepada wartawan di Manado, Senin (22/5/2023).

Undang-Undang Pemilu tidak menugaskan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengawasi lembaga-lembaga yang memiliki otoritas mengeluarkan surat-surat keterangan itu.

Baca Juga:  'Nama Baik Lebih Berharga dari Kekayaan', Ferry Liando Membekali Pengetahuan Pencegahan Korupsi Kepala Daerah se-Sulut

“Misalnya ada caleg yang oleh lembaga otoritas menyatakan bahwa caleg bersangkutan tidak pernah terlibat narkoba atau tidak pernah bermasalah hukum dalam batas yang tidak disyaratkan,” tukas Liando.

Banyak caleg yang tidak tumbuh dan besar di daerah ini. Sehingga, riwayat mereka tidak diketahui. Namun bagi masyarakat yang merasa yakin tentang ketidakbenaran dokumen yang diajukan maka dapat melaporkannya ke Bawaslu atau kepolisian.

Jika terbukti maka pihak yang memalsukan dokumen dapat dipidana paling lama 6 tahun penjara kemudian di denda paling banyak 72 juta rupiah.

Ferry Daud Liando

“Bawaslu perlu mendesak KPU untuk dapat mempublikasikan riwat hidup caleg agar ketahuan mana caleg yang memanipulasi persyaratan,” pungkas dosen ilmu politik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini.

Baca Juga:  Prokes Ketat, BST Disalurkan bagi Warga Penerima Desa Pinsa

(JerryPalohoon)

 

Example 120x600