Example floating
Example floating
BeritaManado

Kasdam Merdeka Beri Arahan Prajurit Satgas Pam Puter Wilayah Kodam Merdeka

×

Kasdam Merdeka Beri Arahan Prajurit Satgas Pam Puter Wilayah Kodam Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka menyiagakan prajuritnya dalam operasi Satuan Tugas Pengamanan Pulau Pulau Kecil Terluar (Satgas Pamputer).

Untuk diketahui, bahwa pulau pulau kecil terluar NKRI yang berada di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka, yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud adalah merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga kita, yaitu Filipina. Sebagai jalur pelintasan warga negara Indonesia dan Filipina, wilayah tersebut tentu memiliki potensi kerawanan yang relatif cukup tinggi, yakni adanya pelintas batas illegal, adanya pelaku penyelundupan dan perdagangan gelap, khususnya senjata api, munisi dan bahan peledak, adanya pelanggaran batas wilayah dan adanya pencurian kekayaan laut.

MANTOS MANTOS

Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta mewakili Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh memberikan pengarahan kepada 153 personel Satgas Pamputer di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka, Jumat (9/6/2023) di Grahadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh dalam pengarahannya yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta mengatakan sebagai prajurit Sapta Marga, prajurit pejuang dan prajurit profesional, tugas operasi merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan, karena tidak setiap prajurit memiliki kesempatan untuk menunaikan tugas seperti yang akan kalian laksanakan.

Baca Juga:  Panglima TNI Tinjau Lokasi Jatuhnya Black Box Lion Air JT-610

“Untuk itu tunjukkan bahwa kalian adalah prajurit Jaya Sakti kebanggaan Kodam XIII/Merdeka yang akan selalu berhasil dan mengharumkan nama satuan dalam melaksanakan tugas negara di manapun dan kapanpun,” ujar Kasdam.

Luthfie menjelaskan, kalian harus memahami betul situasi dan kondisi wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar tersebut dengan segala dinamika yang berkembang saat ini, sehingga keberadaan kalian benar-benar dapat memberikan rasa aman kepada warga dan kontribusi yang positif bagi TNI dalam menjalankan tugasnya, menjaga kedaulatan setiap jengkal tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Selalu bersinergi dengan satuan tetangga dan Polri serta instansi terkait lainnya untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan martabat bangsa, serta hindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, melanggar hukum, dan bisnis haram lainnya serta jangan pernah merugikan dan menyakiti hati rakyat.

“Kalian harus selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya, dan senantiasa menjadi solusi. Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap langkah dan perbuatan. Serta pelihara dan jaga terus kemanunggalan TNI-Rakyat. Ingatlah selalu jati diri kalian sebagai seorang Prajurit TNI, yakni Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional, dan jaga nama baik satuan dan citra TNI AD selama menjalankan tugas operasi pengamanan perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar,” pungkas mantan Wadanyonif Raider 712/Wiratama tersebut.

Baca Juga:  KALEIDOSKOP PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TAHUN 2018

Satgas Pamputer Yonif 714/Sintuwu Maroso menggantikan Yonif Raider 715/Motuliato, dan akan menjalankan tugas negara yakni mengamankan perbatasan dan pulau pulau kecil terluar di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka selama 365 hari dalam kurun waktu tahun 2023. Adapun penempatan pos yang nanti nya akan ditempati, yakni pos Kabaruan, pos Marampit, pos Miangas, pos Kawaluso dan pos Marore.

Kegiatan ini dihadiri, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono selaku Dankolakops Pamputer, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Pangabean, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka dan para Kasi Kasrem 131/Santiago. (Regwilnnlhy)

 

 

 

 

Example 120x600