Hari Ini Bataha Santiago Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ferdy Sondakh: Teladan Generasi Sangihe Sepanjang Masa

TAHUNA, MANADONEWS.CO.ID – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023, Jumat hari ini, Presiden RI Joko Widodo akan menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh yang dinilai sangat berpengaruh terhadap kemerdekaan Indonesia.

Salah satunya adalah Bataha Santiago dari Sangihe, Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

Bataha Santiago yang bernama lengkap Don Jugov Sint Santiago adalah Raja ketiga Manganitu yang memerintah tahun 1670 hingga 1675.

Bataha Santiago lahir di Kauhis Manganitu tahun 1622, meninggal di Tanjung Tahuna tahun 1675.

Makamnya terletak di Kampung Paghulu (Desa Karatung Dua), Kecamatan Manganitu.

Santiago dikenal sangat heroik dengan menolak kerjasama yang disodorkan pihak VOC bahkan dengan gagah berani mengumumkan perang dengan perusahan milik kolonial Belanda itu.

Selama masa peperangan pihak Kolonial Belanda sangat kesulitan menaklukan Bataha Santiago dan pasukannya.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Bataha Santiago ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115-TK-TH2023 tanggal 08 November 2023.

Baca Juga:  Pemkab Sangihe Gelar Pasar Murah dan Pengobatan Gratis

Atas penganugerahan itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Ferdy Sondakh SE mengaku sangat bersyukur.

“Penantian panjang keluarga dan seluruh masyarakat Sangihe akhirnya mendapatkan kepastian di momen Hari Pahlawan tahun 2023 ini,” ucap Ferdy Sondakh kepada manadonews.co.id.

Dikatakannya figur Bataha Santiago sangat dihormati dan selalu menjadi teladan bagi generasi Sangihe sepanjang masa.

“Bataha Santiago telah menanamkan ajaran moral dan prinsip hidup yang terwariskan di sanubari setiap generasi di Sangihe tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang mengayomi dan melindungi rakyat, memperjuangkan hak, bersikap berani melawan penindasan dan berpegang teguh pada keyakinan serta tidak berkhianat,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Bataha Santiago, lanjut Ferdy Sondakh, menjadi bukti nyata betapa Sangihe memiliki tokoh – tokoh penting yang turut berperan aktif dalam  pergerakan perjuangan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.

“Bagi saya Pahlawan Nasional Bataha Santiago akan selalu menjadi inspirasi bgai kita semua dalam mengisi dan menjaga keutuhan NKRI. Selamat Hari Pahlawan,” tutup Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sangihe yang kembali mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPRD Sangihe Dapil Tahuna – Manganitu itu.

Baca Juga:  Ucapkan Selamat HUT ke- 61, Ferdy Sondakh: Kebanggaan bagi Kita Punya Figur Pemimpin Seperti Pak Olly!

Pos terkait