Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaSulawesi Tengah

Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Pemilu Yang Aman dan Damai di Wilayah Korem 132/Tadulako

×

Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Pemilu Yang Aman dan Damai di Wilayah Korem 132/Tadulako

Sebarkan artikel ini

PALU,MANADONEWS.CO.ID– Soliditas dan Sinergitas untuk suksesnya Pemilu 2024 diwujudkan dengan Apel Siaga dalam rangka persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Makorem 132/Tadulako, Kota Palu, Senin (12/02/2024).

Pada Kesempatan tersebut, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto memberikan apresiasi kinerja kepada instansi yang terkait pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

Example 300x600

“Kami atas nama TNI-POLRI sangat mengapresiasi dan salut kepada rekan-rekan semua, kawan-kawan lah sebagai pahlawan yang terdepan dalam pelaksanaan demokrasi ini. Pemilu tidak akan berjalan lancar tanpa ada kita semua di sini, kitalah perangkat-perangkat yang sangat menentukan di lapangan baik atau tidaknya perjalanan proses pesta demokrasi ini,” kata Danrem Tadulako.

Brigjen TNI Dody Triwinarto berpesan, agar dalam pelaksanaan tugas dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan berharap tugas mulia ini tidak menjadi beban, namun lebih pada suatu panggilan tugas, suatu kebanggaan dan suatu kehormatan tersendiri, bilamana kita sekalian mampu menyelenggarakan pemilu secara aman dan damai.

“Laksanakanlah amanah ini, karena ini amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan ini adalah suatu kehormatan bagi anak cucu kita dan kehormatan kita. Sehingga tetap netral, tetap kita bersifat adil jujur dan semuanya saling melengkapi apabila ada kekurangan. Itu saja harapan kami, kami percaya Insya Allah tugas kita nanti ke depan berjalan dengan baik dan aman. Jaga kesehatan dan kondisi fisik sehingga kita tetap bisa betul-betul dalam bertugas,” tandas Danrem Tadulako.

Ketua KPU Provinsi Sulteng Risvirenol mengatakan, kesuksesan pemilihan umum (Pemilu) tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetapi juga menjadi kewajiban bersama bagi semua pihak yang terlibat.

Baca Juga:  Hebat! Pemkot Tomohon Raih Penghargaan Tertinggi Kota Sehat, Swasti Saba Wistara

“Alhamdulillah atas koordinasi dan kerjasama kita KPU Provinsi Sulawesi Tengah dengan semua pihak dapat melaksanakan Apel kesiapan pemungutan dan Penghitungan suara Pemilu tahun 2024. Demikian juga petugas KPPS dan PTPS serta TNI-POLRI yang senantiasa bersinergi dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024,” ujar Ketua KPU Provinsi Sulteng.

Ketua KPU ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 132/Tadulako, Kapolda Sulteng dan Gubernur Sulawesi Tengah atas dukungan yang diberikan

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Danrem 132/Tadulako, bapak Kapolda serta Gubernur Sulawesi Tengah dalam mendukung mensukseskan pemilu tahun 2024 ini. Insyaallah ke depan Pemilu hari Rabu 14 Februari 2024 akan berjalan dengan lancar dan damai serta tercapainya pemilu yang berintegritas untuk Provinsi Sulawesi Tengah dan Indonesia pada umumnya,” pungkas Risvirenol.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng yang diwakili Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Fadlan mengatakan, apel siaga yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulteng ini dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang jatuhnya di tanggal 14 Februari. Sehingga diharapkan nanti pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan damai dan aman serta seluruh jajaran pengurus Pemilu termasuk KPU beserta jajarannya agar tetap menjaga integritas diri sampai dengan selesainya voting day nanti.

“Bawaslu tidak bisa bekerja maksimal jika tidak dibantu oleh stakeholder penyelenggara pemilu dan beberapa stakeholder yang terkait,” kata Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Fadlan.

Baca Juga:  Sholat Jumat Berjamaah, Menjadi Sarana Komsos Korem Tadulako

Sementara itu, Sekda Provinsi Sulteng Hj. Novalina, mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mewakili bapak Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi kawan-kawan semuanya yang dengan komitmen tinggi berkomitmen mengawal pelaksanaan Pemilu sampai pada tingkat TPS.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama sama mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024 ini agar bisa berjalan dengan lancar, tertib dan aman serta berintegritas, mudah-mudahan di pemilu 2024 ini kita semua bisa membawa bangsa kita menjadi negara yang makin demokratis,” pungkas Sekda.

Ditempat yang sama Asisten Tindak Pidana Umum Fithrah mewakili Kejati Sulteng mengatakan, sebagai salah satu unsur daripada sentragakumdu sentral penegakan hukum terpadu. Kejaksaan akan selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu dalam penanganan perkara tindak pidana umum kami memastikan apabila setiap penanganan perkara yang memenuhi unsur untuk dapat dipidana maka kami akan menaikkan kasus itu tanpa pandang bulu.

“Atas nama pimpinan, kami mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri serta pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan ketua KPU beserta jajaran serta Bawaslu beserta jajaran atas dedikasi dan kerja samanya sampai saat ini sehingga kegiatan untuk persiapan Pemilu berlangsung dengan baik. oleh karena itu tetap semangat dalam melaksanakan Pemilu ke depan dan pastikan kita tetap kompak selalu koordinasi dalam penanganan kerja di lapangan,” ujar Fithrah.

Pada kesempatan itu juga, Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinand Maksi Pasule mewakili Kapolda Sulteng menyampaikan, pihak Polda Sulteng siap mengawal pelaksanaan pemilu dengan baik.

Baca Juga:  RKUHP Ancam Kebebasan Pers

“Atas nama bapak Kapolda menyampaikan bahwa Petugas yang akan didorong ke TPS-TPS atau ke wilayah-wilayah yang sudah ditentukan agar menjaga diri dan jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan tugas, serta jaga Marwah yang sudah diberikan oleh masyarakat, bangsa dan negara. Mari kita laksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” tandas Kombes Pol Ferdinand Maksi Pasule.

Senada, Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng Hj. Nirwana, mengatakan pada prinsipnya apa yang disampaikan sebelumnya itu adalah hal yang sangat kita harapkan bersama agar supaya pemilu bisa berjalan dengan damai dan tertib, terutama dalam situasi pesta demokrasi seperti ini mari kita bersama sama jaga kondisi kesehatan dan kekompakan serta integritas senantiasa diutamakan ini yang sangat kita harapkan.

“Agar supaya pesta demokrasi bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan dan mudah-mudahan seperti yang disampaikan dari Kejaksaan Tinggi sampai selesainya pesta demokrasi tidak ada yang bersentuhan dengan kami. Alhamdulillah sampai saat ini belum ada satu pelanggaran pemilu yang masuk di pengadilan dan sangat-sangat kami harapkan sampai selesainya tidak pernah ada sampai di pengadilan itu yang sangat kami harapkan namun demikian tetap jaga kondisi dan integritas sert selamat bertugas mudah-mudahan sampai selesainya kita senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu Wa ta’ala,” ujar Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng Hj. Nirwana. (Regwilnnlhy)

Example 300250
Example 120x600