BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Pangdam Merdeka Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Erupsi Gunung Ruang

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana (Gulben) bersama Forkopimda Sulut yang dipimpin langsung Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, Kamis (2/5/2024) di Kantor Gubernur Sulut, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BNPB RI beserta rombongan yang merespon cepat dan datang langsung sehingga dapat melihat kenyataan di lapangan.

Gunung Ruang erupsi yang kedua kalinya ini lebih dahsyat sehingga banyak jalan yang berdebu tebal. Pada saat hujan menjadi lumpur dan menghambat aktivitas jalan sehingga membutuhkan dukungan alat berat untuk dapat membersihkan jalan tersebut,” kata Pangdam.

Dia juga meminta alat deteksi gunung harus segera terpasang dan dapur umum di Tagulandang perlu buah-buahan serta sayur-sayuran guna memenuhi kebutuhan serat.

“Dukungan BBM juga penting untuk operasional evakuasi para pengungsi apabila Gunung Ruang kembali erupsi,” tandasnya.

Diketahui, bahwa fasilitas umum sudah banyak yang diperbaiki namun Gunung Ruang kembali erupsi untuk kedua kalinya sehingga kembali merusak fasilitas tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri Forkopimda Sulut, PJU Kodam XIII/Merdeka, PJU Polda Sulut, Deputi III, IV beserta staf BNPB RI, unsur Basarnas Sulut, Walikota Manado, Bitung dan Bupati Minut serta Stakeholder terkait. (Regwilnnlhy)

Exit mobile version