Pemkot Bitung Tak Miliki Anggaran untuk Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota

21313Bitung – Pernyataan mengejutkan disampaikan Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung, Malton Andalangi terkait dana pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Bitung terpilih, Max Lomban-Maurits Mantiri.

Menurut Malton, dalam APBD tak ada mata anggaran yang menyebutkan pembiayaan pelantikan walikota dan walikota. Sehingga, Pemkot hanya bergantung pada dana yang diplot untuk Bagian Umum yakni makan minum untuk biaya pelantikan walikota dan wakil walikota Bitung.

“Kalau dibilang dana pelantikan walikota dan wakil walikota tidak disebutkan dalam APBD, makanya hanya menggunakan dana makan minum di Bagian Umum,” kata Malton beberapa waktu lalu.

Lagian kata dia, biaya yang harus disiapkan Pemkot dalam acara pelantikan Max-Maurits nanti hanya makan minum dan itu bisa dicover Bagian Umum.

“Selain itu, kita juga akan menggelar pertemuan dengan panitia pelantikan apa-apa yang perlu kita biayai selain makan minum dan dari mana dananya,” katanya.

Berbeda dengan DPRD kata Malaton, dalam APBD memang ada mata anggaran khusus untuk membiayai pelantikan hingga pengadaan keperluan anggota DPRD. Namun untuk walikota dan wakil walikota, tak ada mata anggaran khusus atau disebutkan dalam APBD.

Baca Juga:  Komitmen Nancy Waleleng Bangun Desa Budo

“Intinya, tak ada anggaran khusus yang disiapkan untuk pelantikan walikota dan wakil walikota,” katanya.