Terhitung Sejak 22 Juni, Sulut Siaga Darurat Bencana

Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, ketika memimpin rakor penanggulangan bencana. (Ist)
Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, ketika memimpin rakor penanggulangan bencana. (Ist)
Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, ketika memimpin rakor penanggulangan bencana. (Ist)

MANADO, MANADONEWS – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Steven Kandouw, menyatakan wilayah Sulut saat ini dalam kondisi siaga darurat bencana.

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub saat memimpin rapat koordinasi penaggulangan bencana yang diselenggarakan, (22/6), bertempat di ruang rapat WOC Kantor Gubernur Sulut.

Bacaan Lainnya

Terhitung sejak 22 juni status siaga darurat bencana dilakukan karena dampak dari cuca buruk yang sudah menimbulkan bencana alam seperti banjir bandang dan tanah longsor hingga telah memakan korban meninggal dunia dan kerusakan rumah penduduk.

Wagub menyatakan pemerintah dan stakeholders terkait harus bergerak cepat bersama mengantisipasi segala bencana yang terjadi.

Wagub mengingatkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi untuk mengambil  identifikasi lebih akurat terkait data bencana dan kerugian yang muncul, informasi pemberitaan terkait bencana  hanya dari kepala BPBD Sulut agar tidak ada pernyataan tidak akurat lagi yang membuat informasi simpang siur.

Baca Juga:  Lepas Kontingen O2SN dan CC 4 Pilar Kebangsaan, Wagub: Harumkan Nama Bumi Nyiur Melambai

Terkait bencana yang terjadi di Kabupaten Sangihe, Wagub menginstruksikan harus ada utusan ke lokasi kejadian, harus ada pencegahan agar tidak ada korban baru lagi, serta kembalikan kehidupan normal masyarakat yang terkena bencana, relokasi masyarakat yang terkena bencana, serta memperhatikan persediaan makanan dan air bersih agar tetap tersedia.

Demsi Lumendek

Pos terkait