BP3K Tomohon Barat Raih Predikat Balai Penyuluhan Berprestasi Tingkat Nasional 2016

Mentan menyerahkan langsung penghargaan
Mentan menyerahkan langsung penghargaan

TOMOHON, MANADONEWS – Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr Ir Andy Amran Sulaiman MP memberikan penghargaan secara langsung kepada Balai Penyuluhan Pertanian  Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Tomohon Barat sebagai Balai Penyuluhan kecamatan berprestasi tingkat Nasional Tahun 2016.

Sesuai keputusan nomor 561/KPTS/KP.590/8/2016 tentang Penyuluh Pertanian Teladan, Petani Berprestasi, Gabungan Kelompok Tani Berprestasi dan Balai Penyuluhan Berprestasi tingkat Nasional 2016. Kota Tomohon juga mendapatkan predikat sebagai juara III petani berprestasi tingkat provinsi yang di raih Fanny Wenur seorang petani dari kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan.

Prestasi ini mengiringi sukses yang telah ditorehkan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan. Raihan prestasi dan penghargaan ini tentu mendorong dan meningkatkan motivasi kerja dari seluruh kelompok penyuluh pertanian serta para petani untuk terus berkreasi dan berkarya bagi Kota Tomohon dan sekitarnya. Melalui tuntunan dan arahan dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Tomohon yang mempunyai visi terwujudnya masyarakat mandiri, sejahterah, berwawasan lingkungan yang berkelanjutan melalui system kelembagaan BP4K yang nantinya diwujudkan melalui misi meningkatkan dan mengembangkan kelembagaan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian perikanan kehutanan yang mandiri sebagai bagian integral dalam pembangunan pertanian. Meningkatkan kualitas dan kuantitaas system pelatihan penyuluh pertanian perikanan dan kehutanan yang berbasis kompetensi kerja.

Baca Juga:  Pandemi COVID-19 Moment Indonesia Memperbaiki Berbagai Bidang 

Dengan didukung 79 tenaga penyuluh dengan spesifikasi teknis yakni 67 orang penyuluh pertanian, 5 orang penyuluh perikanan dan 7 orang penyuluh kehutanan. Mampu meraih prestasi di Tahun 2016 ini yakni peningkatan provitas padi sebesar 11,84 persen, meraih juara III petani berprestasi dan untuk kategori kelembagan penyuluhan meraih predikat terbaik untuk kategori Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan masuk dalam enam terbaik tingkat Nasional dan mendapatkan penghargan dari Menteri Pertanian yang baru-baru ini diterima di Jakarta setelah selesai perayaan Proklamasi HUT RI ke 71 tanggal 17 Agustus 2016. BP4K juga menjuarai lomba cipta menu berbahan lokal dalam rangkaian TIFF 2016 Kata kepala Badan Ir Jantje Ering.(hms)