DPRD Paripurnakan Ranperda PT Membangun Sulut Hebat Perseroda

Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka penetapan Ranperda pendirian PT Membangun Sulut Hebat Perseroda.
Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka penetapan Ranperda pendirian PT Membangun Sulut Hebat Perseroda.

MANADO, MANADONEWS – DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Kamis (15/9), menggelar Rapat Paripurna Ranperda pendirian PT Membangun Sulut Hebat Persereoan Daerah (Perseroda). Rapat yang dibuka oleh Ketua DPRD, Andrei Angouw, dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, para Pimpinan Dewan lainnya, Anggota Dewan, dan SKPD Pemprov Sulut, serta Forkopimda Sulut.

Ranperda ini merupakan salah satu Ranperda Inisiatif DPRD yang termuat dalam program pembentukan peraturan daerah. Awalnya, nomenklatur judul Ranperda ini adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), berubah menjadi Ranperda pendirian PT Membangun Sulut Hebat Perseroda. Ranperda ini merupakan yang pertama mengacu pada Permendagri No 80 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah.

Dalam laporan Panitia Khusus (Pansus), dibawah pimpinan Teddy Kumaat, yang dibacakan oleh Ferdinan Mangumbahang, mengapresiasi kinerja dari Sekretaris Dewan, Bartholomeus Mononutu, beserta jajarannya yang telah memfasilitasi setiap rapat kerja maupun konsultasi yang dilakukan oleh Pansus dengan baik. Adapun salah satu implementasi dari pembentukan Ranperda ini adalah selain pajak dan retribusi, Pemerintah Provinsi belum memiliki kemampuan anggaran yang kuat untuk menopang percepatan program pembangunan.

Baca Juga:  Andrei Angouw-Richard Sualang Pimpin Manado, Olly Dondokambey Yakin terjadi Perubahan Besar

Lanjut, Pansus meyakini bahwa Ranperda ini dapat menjadi stimulus utama untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, mendorong peluang investasi baru, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan membuka lapangan kerja baru. Pansus juga berharap agar penentuan pengisian jabatan PT Membangun Sulut Hebat ini dilakukan atas dasar profesionalisme dan diprioritaskan untuk putra/putri daerah.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Sulut, Pemerintah sangat bersyukur atas atas inisiatif dari anggota dewan atas pendirian PT Membangun Sulut Hebat Perseroda. Pemerintah dengan berbagai pandangan dan pertimbangan menyambut baik dan menyetujui penetapan Ranperda ini menjadi Perda karena dampaknya diyakini dapat dirasakan oleh masyarakat dan membantu pencapaian program pemerintah kedepan untuk memantapkan pilar pembangunan.

Selain itu, pendirian PT Membangun Sulut Hebat akan membantu mengoptimalkan eksistensi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung karena sebagai usulan dari pemerintah, KEK membutuhkan sebuah perusahaan daerah sebagai wakil pemerintah daerah dalam pembangunan dan pengelola KEK.

Fransiscus