AgamaBerita TerbaruBerita UtamaPendidikanTotabuan

Dibuka Pontoh, Bolmut Uji Coba Laboratorium Religi

Bupati Depri Pontoh menyampaikan sambutan pada pembukaan sosialisasi dan uji coba/foto: hms
Bupati Depri Pontoh menyampaikan sambutan pada pembukaan sosialisasi dan uji coba/foto: hms

BOROKO, MANADONEWS – Bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Kaidipang, Rabu (12/10), Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka secara resmi Sosialisasi dan Uji Coba Laboratorium Religi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, sebagai uji coba proyek perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (Dua) Angkatan IX Tahun 2016.

Dasar kegiatan ini adalah membentuk perubahan karakter siswa dimana kondisi yang ada banyak siswa yang kurang memahami nilai-nilai agama, bermain dengan dunia maya yang syarat pornografi, cenderung kurang santun terhadap orang tua, guru, dan sesama teman, serta penyalahgunaan narkotika, maka melahirkan topik “Pengembangan Sekolah Berkarakter melalui Laboratorium Religi.”

Sebagaimana bimbingan dari Bupati Bolmut selaku pembimbing pada PIM II agar nantinya bagi siswa yang lulus dari Sekolah Dasar dan SLTP mendapatkan sertifikat Hatam Qur’an bagi Umat Muslim serta sertifikat Hafal Ayat bagi Umat Kristiani dan dalam kegiatan ini akan lahir Peraturan Bupati yang mengatur tentang kegiatan-kegiatan Laboratorium Religi serta akan di uji terakhir oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sementara itu, Bupati bolmut dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang sangat sakral yang berkaitan dengan syiar lebih khusus untuk membentuk mental-mental anak didik secara umum baik dari umat muslim maupun kristiani. Mengenai konsep ini sudah beberapa kali disampaikan dan terbukti pada suatu daerah sangat ampuh dalam membina mental anak dan generasi muda untuk membentuk karakter dan etika, sehingga kegiatan ini bisa dibudayakan.

Ucapan terimakasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bolmut Abd. Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si tanggap dan mampu diwujudkannya kegiatan untuk kepentingan Bolmut secara umum dan merupakan salah satu skala prioritas peserta PIM II serta mendapat tanggapan sejarah Nasional oleh Lembaga Diklat Nasional untuk perlu dikembangkan dan diakui.

Pertanyaan Bupati apakah di Bolmut mau menerima hal ini? Suka tidak suka Dihimbau lebih khusus kepada para orangtua, dan para Guru dalam memanusiakan manusia dengan manusia lainnya dalam hal ini kita praktekkan setiap hari maka akan terbentuk karakter-karakter bangsa. Sebelum diPerdakan kegiatan ini akan diatur pada Peraturan Bupati agar supaya langsung bisa dijalankan, sehingganya diharapkan akan terwujud dan diterima.

Dalam kegiatan Laboratorium Religi ini  Bupati menegaskaan disamping ada pembinaan-pembinaan keagamaan agar diberi penguatan tentang kerukunan beragama, satukan mereka karena perbedaan itu adalah karunia. Selain itu implementasinya, Laboratorium Religi nantinnya akan didesign senyaman mungkin dan menyenangkan bagi para siswa.

Hadir pada kegiatan ini para Staf Ahli, Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kab. Bolmut, Eselon II, III, IV dan Jajaran Aparat Sipil Negara Kab. Bolmut, yang mewakili Kepala Kementerian Agama, yang mewakili Kapolsek Urban, Ketua PHBI Kab. Bolmut, Ketua MUI Kab. Bolmut,Tokoh Masyarakat, para Kepala Sekolah dan jajaran Guru dari Sekolah Dasar, SLTP dan SLTA sederajat, serta para siswa SMP Negeri 1 Kaidipang.(*)

Exit mobile version