Hari Pahlawan Jadi Barometer Membangun Spirit Kepentingan Umum Ketiban Kepentingan Pribadi

  • Whatsapp

fb_img_1478755268126MANADO,MANADONEWS- Peristiwa heroik yang terjadi di Kota Surabaya pada tanggal 10 November 1945, merupakan pelajaran moral bagi generasi muda masa kini.

Pernyataan tersebut diungkapkan langsung Menteri Sosial  Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutan yang dibacakan Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA pada peringatan Hari Pahlawan yang dipusatkan di lapangan Sparta Tikala Manado.

Menurut GSVL, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan menunjukan spirit perjuangan serta membakar mental karakter kepahlawanan yang luar biasa dalam menghadapi rintangan dan penderitaan.
“Hajatan memperingati Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya, dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang  mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi,” ujar Vicky

fb_img_1478755261506Lebih jauh katanya,  semangat kepahlawanan merupakan semangat untuk membangun negara. Setelah kemerdekaan, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya mempertahankan patriotisme yang defensif, tetapi dibutuhkan patriotisme yang lebih positif dan progresif.

“Patriotisme sejati bukan sekedar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri,” tukasnya.

Baca Juga:  Pengabdian Tiada Henti, Ini Tekad Jeffry Robby Korengkeng untuk Minahasa

fb_img_1478755246679Selain itu katanya, orientasi Trisakti untuk menjadikan bangsa yang mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan harus diwujudkan melalui program Nawa Cita yang digagas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

fb_img_1478755238684Ikut hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, serta mewakili Kapolresta Manado dan Dandim 1309 Manado.

Pada kesempatan itu juga, Walikota  menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi keluarga miskin didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Manado Frans Mawitjere SH, serta penanda-tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Manado dengan PT Telkom guna menunjang program Manado Smart City 2017.

 

(Lipsus,OG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *