Wantasen himbau masyarakat berdayakan pekarangan.

  • Whatsapp

Kadis ketahanan pangan Mitra

 

Ratahan manadonews.

melonjaknya harga bahan dapur membuat sebagian masyarakat merasa kesal pada belakangan ini, namun jika pekarangan rumah bisa diberdayakan dengan menanam tanaman bumbu dapur, maka pembelian bumbu dapur bisa diminimalkan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Minahasa Tenggara (Mitra) Muchtar Wantasen SE, agar pekarangan rumah diberdayakan maksimal, dengan menanam tanaman bumbu dapur, maka dapat menghindari pembelian bumbu dapur yang mahal harganya.

“Meski pekarangan rumah kita tidak luas, harus bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman bumbu dapur. Jika terjadi kelangkaan dan melonjaknya harga bumbu dapur, maka tidak akan terlalu berdampak pada masyarakat,” kata Wantasen.

Wantasen juga mengatakan, di Kabupaten Mitra saat ini ada lebih dari 40 Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) aktif yang dibentuk oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) dan sekarang telah menjadi DKP (Dinas Ketahanan Pangan). Kelompok tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi kekurangan pangan dengan memanfaatkan pekarangan.

“KPRL merupakan salah satu program unggulan, dengan tujuan untuk mengantisipasi kekurangan pangan ditingkat rumah tangga di setiap desa. Jadi hasil yang dikelola oleh kelompok tersebut akan dipergunakan oleh anggota kelompok,” katanya.

Baca Juga:  Guna Memantau Realisasi Pendapatan Daerah, Bapenda Sulut Gelar Kegiatan Ini...

Wantasen juga mengajak masyarakat Mitra, untuk gemar menanam dipekarangan khususnya untuk keperluan di dapur.

“Sebaiknya masyarakat mulailah menanam dipekarangan agar ketersediaan bumbu dapur selalu ada dan jika harga melonjak, masyarakat tidak perlu panik mencarinya,” tambah Wantasen. (Robby lumi)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *