Comand Center Jadi Bank Data, Pejabat Pemkab dan Pemkot Datang Berguru.

  • Whatsapp

MANADO,MANADONEWS– Pemerintah kota Manado saat ini terus memaksimalkan Command Center yang nantinya menjadi pusat data dan juga pusat memantau permasalahan ataupun laporan seputar kejadian yang terjadi di kota Manado. Buktinya, Command Center saat ini sedang diupayakan menjadi bank data yang menyimpan data dalam jumlah besar dari tiap instansi perangkat daerah Pemkot Manado. 

“Data-data ini yang sementara kita kumpulkan dari tiap perangkat daerah yang saat ini sedang kita kumpulkan baru dari dua PD, yakni Disdukcapil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sementara data perangkat daerah lainnya menyusul,” ucap Kepala Dinas Kominfo  Erwin Kontu.

Menurut Kontu, pengumpulan data dari tiap instansi di pemerintah kota Manado ini sangat penting, salah satunya sebagai bahan kajian bagi Walikota dan Wakil Walikota terkait laporan kinerja dan kegiatan dari tiap perangkat daerah.

“Semua data-data ini ada yang bisa untuk konsumsi publik tapi sebagian besar bersifat privasi, sebagai bahan kajian dari pimpinan,” tukasnya

Selain itu katanya, warga kota Manado juga diharapkan dapat menguasai aplikasi Qlue. Sebab lewat aplikasi ini warga bisa menyampaikan laporan permasalahan yang terjadi di seputar kota Manado.

Baca Juga:  Bantu Korban Terdampak Bencana di Manado, Kodam XIII/Merdeka Gelar Baksos Kesehatan

“Sebagai contoh, masalah sampah yang masih berserakan ataupun infrastruktur seperti jalan rusak atau lainnya, warga bisa melaporkannya menggunakan aplikasi Qlue. Disitu nanti ada petunjuk penggunaan aplikasi ini dan aplikasi Qlue dapat langsung di download di play store dari HP android yang warga miliki,” koar mantan kabag hubmas Pemkot Bitung

Erwinpun mengatakan, laporan warga lewat aplikasi Qlue ini akan langsung diterima di Command Center kemudian diteruskan ke instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Contohnya masalah parkir liar, warga tinggal laporkan di aplikasi Qlue kemudian akan diterima di Command Center dan akan langsung juga terkirim ke instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, untuk kemudian dapat segera ditindaklanjuti,” pungkasnya

 

(ONAL GAMPU)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *