Angkat Tema We Can I Can, Gubernur Sulut Buka Puncak Hari Kanker Sedunia

  • Whatsapp
Dengan penuh kasih Gubernur Olly melayani para penderita kanker dngan memberikan buah/Foto: manadonews/
Dengan penuh kasih Gubernur Olly melayani para peserta terutama anak – anak dengan memberikan buah/Foto: manadonews/

MANADO, MANADONEWS – Puncak Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day di Sulawesi Utara dilaksanakan di kawasan Megamas, Boulevard Manado, Sabtu (4/2).

Peringatan yang tahun ini mengambil tema ‘We Can, I can”(Kita Bisa, Saya Bisa) dibuka langsung Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE didampingi oleh Ketua Panitia Hari Kanker Sedunia dr. Harlinda Haroen SpPD, K-HOM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr. Debby Kalalo, MSc. PH,  Ketua IDI Wilayah Sulawesi Utara dr. B. J Waleleng, SpPD, K-GEH, Direktur SDM dan Pendidikan RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado, dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD, MARS, tim Onkolog yang dimotori oleh Prof. dr. L. W. A Rotty SpPD, K-HOM.

Bacaan Lainnya
Cuplikan kegiatan puncak hari kanker sedunia tingkat Provinsi Sulawesi Utara tanggal 4 Febryari 2017/Foto: manadonews

Kegiatan berlangsung meriah dengan hadirnya relawan anti kanker dari berbagai kalangan seperti LSM, Petugas Medis, Dokter dari Faskes, sampai dengan survivor (penderita kanker) yang berjumlah ratusan orang.

Baca Juga:  Dipusatkan di Gereja Tertua, Bupati SWM Hadiri HUT Sinode Germita ke- 19

Puncak kegiatan dirangkaikan dengan  Hari Gizi Nasional tahun 2017, dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat yang ada,  dengan mengemukakan slogan “Ayo Makan Sayur dan Buah”.

Pada kesempatan itu Gubernur menyerahkan Buku Edukasi Kanker dan Penyematan Pin Hari Kanker Sedunia kepada salah satu Penderita Kanker sebagai tanda kampanye anti kanker serta, pemberian buah-buahan kepada peserta yang ada sambil mengungkapkan slogan “ayo makan buah dan sayur”.

Prof dr Linda Rotty dan dr Harlinda Haroen, “We Can, I Can”/Foto: manadonews

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kampanye anti kanker oleh seluruh relawan dan peserta kepada masyarakat yang ada di seputaran kawasan megamas manado, walaupun dengan cuaca hujan tidak menyurutkan semangat dari para relawan dan peserta untuk melakukan kampanye ini..

Hari Kanker Sedunia sendiri dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 4 Februari. Ini merupakan upaya untuk memerangi kanker yang jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun .

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi lagi pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana kanker itu dan sebenarnya kanker itu bukan di luar kemampuan manusia, karena kanker bisa dicegah dan bisa disembuhkan.

Baca Juga:  PILGUB SULUT: Jika SK-RD Diakomodir, Relawan Banteng Pineleng Siap Action

Diketahui untuk tingkat Sulawesi Utara, menyambut Hari Kanker Sedunia, sebelumnya telah diselenggarakan berbagai kegiatan seperti Senam Jantung Sehat, Senam Kanker, Edukasi dan kampanye anti kanker oleh relawan. (*/Fik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *