Buka Rakorev Keuangan, Wali Kota Ingatkan SKPD Saling Koordinasi

Kegiatan Rakorev Keuangan Pemkot Tomohon.

TOMOHON, MN – Pemerintah Kota Tomohon menggelar Rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) keuangan, di aula kantor Wali Kota Tomohon, pada selasa (21/3), guna mensinergikan upaya kerja dalam pelaksanaan pemerintahan, khususnya bidang keuangan daerah Kota Tomohon.

Selanjutnya, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan rakorev Triwulan I mengatakan bahwa perwujudan strategi dan arah kebijakan pemerintah Kota Tomohon yang termuat dalam RPJMD Kota Tomohon 2016-2021, yaitu strategis meningkatkan efektivitas dan efesiensi pengelolaan keuangan dan aset daerah dengan 5 arah kebijakannya, yakni meningkatkan kualitas kebijakan pengembanan pendapatan daerah, melaksanakan intensifikasi pendapatan asli daerah, mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah, melaksanakan perencanaan penganggaran belanja berbasis kinerja, serta melaksanakan pengendalian belanja sesuai dengan dokumen anggaran. Ini juga merupakan hal yang berkaitan dengan visi misi Wali Kota dan Wawali Tomohon.

“Sehubungan dengan itu, dalam rangka perwujudan akan arah kebijakan pemerintah Kota Tomohon tersebut maka yang menjadi kunci dalam pelaksanaannya adalah adanya koordinasi dari seluruh perangkat daerah,” tegas Eman.

Baca Juga:  Matangkan Kesiapan 'Gerakan Ketuk Pintu 1.000 rumah,' Pelkesi Audiense Dengan Wali Kota

Lanjut dikatakannya, usai pencapaian tiga kali berturut-turut penghargaan opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah maka dirinya berharap untuk agat pernghargaan tersebut dapat dipertahankan, apalagi tahun ini Kota Tomohon mendapat kepercayaan dari pihak auditor karena proses pemeriksaan dari perangkat daerah memberikan data secara elektronik sehingga berjalan dengan mudah. .

“Kepada unsur perangkat daerah agar kita kooperatif dengan pihak auditor BPK dalam rangka tahapan audit ini,” tutup Eman.

Sementara itu Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kwinhatmaka SE MM mengatakan, pihaknya siap mendukung sekaligus mendorong kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan membangun sinergitas yang berkaitan dengan pemeriksaan laporan keuangan. Ditegaskannya untuk mencapai atau mempertahankan opini WTP yang sebelumnya telah diraih, pihak pemerintah daerah harus menyelenggarakan pemerintahannya secara akuntabel.

“Penyelenggaraan pengelolaan keuangan harus dilaksanakan sebaik-baiknya agar prestasi yang diraih sebelumnya bisa dipertahankan melalui pelaksanaan pemerintahan yang baik,” kata Kwinhatmaka.

“Segala kekurangan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah kaitannya dengan pengelolaan keuangan harus terus dibenahi agar memperoleh penilaian yang baik dari pihak BPK dan apabila masih ada permasalahan yang muncul dalam pemeriksaan, harus dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolri Jenderal Badrodin Haiti Berpamitan di Hari Bhayangkara ke-70

Kesempatan itu Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengharapkan seluruh perangkat daerah agar lebih maksimal dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan terlebih dalam hal pengelolahan keuangan.

Sebelumnya Kaban keuangan Drs Gerardus Mogi menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja instansi pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini harus meningkatkan koordinasi antar perangkat daerah dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai, bagi tercapainya efektivitas dan efesien pencapaian penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Hadir dalam rapat Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, para asisten, para kepala SKPD, serta para staf keuangan di tiap SKPD.

Fransiscus

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
6039 votes

This will close in 10 seconds