Example floating
Example floating
AgamaBerita TerbaruBudayaHukum & KriminalNasionalPemerintahanPolitikSosial

Jhon Kenedy Menilai RUU Wawasan Nusantara Sangat Diperlukan di Indonesia

×

Jhon Kenedy Menilai RUU Wawasan Nusantara Sangat Diperlukan di Indonesia

Sebarkan artikel ini

Jakarta, MN-Anggota Pansus RUU Wawasan Nusantara John Kenedy Azis menegaskan jika RUU Wawasan Nusantara ini diperlukan mengingat Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini sangat luas. Serta terdiri dari banyak suku, agama, ras, bahasa, golongan, budaya dan sebagainya yang harus tetap bersatu di bawah Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

MANTOS MANTOS

“Indonesia yang retak akibat Pilkada DKI Jakarta, memang sempat menggerus Pancasila, kebhinekaan, dan mengancam NKRI sehingga harus disatukan kembali,” katanya dalam forum legislasi ‘RUU Wawasan Nusantara dengan tema ‘Wawasan Nusantara Menuju Kebangkitan Nasional, Menjaga nalar bangsa untuk hidup bersama,’ bersama anggota Komisi I DPR FPPP Syaifullah Tamliha dan pakar kebangsaan Yudi Latif di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Politisi Golkar ini menyatakan, RUU Wawasan Nusantara ini menyangkut aspek kewilayahan dan aspek sosial budaya. “Jadi, RUU ini terkait dengan aspek kebangsaan, kewilayahan, dan sosial budaya, yang akan dirumuskan oleh Pansus,” tukasnya.
Syaifullah Tamliha mengakui dirinya akan terus konsisten untuk mengamalkan dan mempertahankan wawasan kebangsaan yang mulai terkoyak akibat Pilkada DKI Jakarta ini. Sehingga jika dibenturkan dengan apa pun dalam berbangsa dan bernegara, pihaknya sebagai nahdliyyin akan mempertahankan kebangsaan yang berideologi Pancasila ini.
Karena proses politik dan demokrasi yang berkembang baik Pilkada dan Pilpres sudah mengedepankan suara terbanyak, voting, tidak ada lagi pendekatan musyawarah. “Maka yang berkuasa terutama di daerah adalah mereka yang memiliki modal besar. Konsekuensinya saat berkuasa akan mengeruk kekayaan alam daerahnya sampai habis,” kata seraya meminta MPR RI kembali mengkaji sistem politik yang membutuhkan biaya sangat besar dan kepala daerah menghabiskan kekayaan alam dengan habis-habisan. Seperti di Kalimantan.
Sedangkan Yudi Latif menyatakan namanya wawasan nusantara ini hanya fokus kepada dua aspek, yaitu geopolitik dan kultural. Sebab, kalau meliputi Pancasila dan perekonomian, ini merupakan wawasan kebangsaan. Dimana secara geopolitik cermin keindonesiaan kita mengalami keretakan dalam Pilkada DKI Jakarta.
“Saat ini kita kehilangan bayangannya sendiri. Kita ini siapa? Tidak tahu. Sedangkan ke-Indonesiaan itu sendiri saat ini perlu mempertegas sila 1,3 dan 5. Sedangkan sila 2 dan 4 hanya sebagai jembatan sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Persatuan Indonesia, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.
Karena itu jika dalam keberagamaan ini mengedepankan kekerasan dan mengabaikan toleransi dan kasih sayang, kedamaian – rahmatan lilalamin, berarti ada yang salah dalam pendidikan agama. Sehingga sistem pengajaran agama di sekolah harus ditinjau ulang. Mengingat selama ini Islam justru menjadi elemen ke-Indonesiaan yang kuat.(djamzu)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *