Puluhan Ribu Umat Saksikan Prosesi Tahbisan Uskup Baru Oleh Duta Besar Vatikan

Prosesi doa oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi kepada Uskup Manado yang baru Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, di Stadion Maesa Tondano, Sabtu (08/07) foto : (Ist)

TONDANO, MANADONEWS — Tahbisan Uskup baru Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dilakukan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi, Sabtu (8/7), bertempat di stadion Maesa, Tondano, Minahasa.

Mgr, Rolly Untu yang akan memimpin umat Katolik di 3 Provinsi yakni Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Gorontalo, sebelumnya telah dipilih bapa Suci Sri Paus Fransiskus dan diumumkan lewat misa Krisma beberapa waktu lalu oleh Uskup Emeritus Mgr. Joseph Suwatan MSC.

Prosesi penahbisan dihadiri Kardinal Papua New Guinea Mgr. Jhon Ribat MSC, 36 Uskup, pastor, biarawan, biarawati dan puluhan ribu umat Katolik.

Pantauan Manadonews dilokasi Stadion Maesa, prosesi yang dimulai dengan Misa Ekaristi dan dirangkaikan dengan Liturgi Tahbisan Uskup oleh yang mulia Duta Besar Vatikan  kepada Uskup terpilih, pembacaan surat dari Sri Paus Fransiskus, yang dibacakan oleh Sekjen Keuskupan Pastor John Montolalu Pr, dilanjutkan pemasangan cincin, mitra dan pemberian tongkat, kemudian pengambilan sumpah Uskup terpilih dihadapan Duta Besar. Prosesi tersebut sudah ada sejak abad pertama Masehi. Ada dua pokok doa yakni penumpangan tangan dan doa tahbisan oleh para uskup.

Baca Juga:  Ketua IWO Sulut : Media Online Harap Stop Berita Hoax

Dengan begitu secara resmi Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menjadi Uskup Manado.

Sementara itu, dengan bahasa Indonesia Duta Besar mengatakan, “kita hadir ditempat ini, bukan melakukan sesuatu yang spesial ataupun lain sebagainya. Tetapi kita hadir disini untuk mensyukuri rahmat dalam Ekaristi kudus tubuh dan darah Kristus.”ungkap Duta Besar

Selanjutnya Uskup terpilih dengan mengambil Motto “In Lumine tuo videmus lumen” dalam terangmu kami melihat cahaya, yang diambil dari (Mazmur 36: 10) mengatakan “Saya Uskup terpilih dengan memanjatkan puji syukur dari Tuhan Yesus, atas penyertaannya sehinga saya boleh terpilih menjadi Uskup, untuk itu saya akan menjalankan apa yang sudah menjadi tangung jawab saya sebagai Uskup, setia dengan pangilan, dan akan terus melayani umat Katolik di Keuskupan Manado,”papar Uskup Rolly.

Turut hadir dalam Tahbisan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda, Bupati Minahasa Jantje Sajow bersama Ibu, Wakil Bupati Ivan Sarundajang bersama Ibu, Walikota Bitung Max Lomban, Wakil Walikota Tomohon Sherly Sompotan serta seluruh umat Katolik dari 3 Provinsi, 5 Kevikepan yang ada di Keuskupan Manado. (ROCKY)

Baca Juga:  Rencana Kedatangan Putri Raja, Dubes Thailand Temui Gubernur Sulut