Lantik 209 Kepsek SMA, SMK dan SLB se-SulutGubernur Olly

Manado, Manadonews – Dilantiknya 209 kepala sekolah (Kepsek) ditingkat SMA, SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (12/07) malam tadi di gedung Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, melalui Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengingatkan agar para kepsek bisa langsung cepat beradaptasi di lingkungan yang baru. Dimana, jabatan yang diemban merupakan wujud kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dijalankan dengan baik, karena didalamya terdapat harapan masyarakat untuk kemajuan pendidikan di daerah.

“Terkait dengan penggunaan aset, saya minta digunakan dan dijaga dengan baik. Karena banyak hal yang saya dapati aset-aset yang dikuasai oleh kepala sekolah, tidak dipelihara dengan baik. Selanjutanya mengenai Dana Alokasi Khusus (DAK), yang dialokasikan/direalisasikan dimasing-masing sekolah harus segera dipacu dimasing-masing sekolah karena kita juga sudah terlambat. Dimintakan bagi pak kepala dinas segera ditindaklanjuti terus,” himbau Gubernur dalam arahan sambutan dipelantikan tersebut.

Tidak hanya itu, Olly juga mengatakan dengan komitmen pendidikan di Provinsi Sulut yang sudah baik ini untuk terus dijaga bahkan ditingkatkan dengan inovasi kerja yang lebih konstruktif.

Baca Juga:  SUMENDAP : SETIAP KECAMATAN BUKA POSKO PENANGULANGAN SOSIAL

“Kami menargetkan seluruh 100 peresen tahun depan, ujian nasional kita sudah berbasis komputer (UNBK). Jadi kita mengajak kepada para kepala sekolah untuk melaksanakan benar-benar tanggungjawab ini. Sosok kepala sekolah adalah figur panutan, contoh bagi para guru dan murid. Pembawaan profesionalitas harus terus dijaga agar supaya hal-hal yang tidak diharapkan tidak terjadi atau tidak kita inginkan bersama terutama kedisiplinan seperti ada pepatah mengatakan, guru kencing berdiri, murid kencing berlari,” ingatnya, sembari menegaskan tidak kalah penting untuk jabatan yang diberikan ini jangan disalah gunakan melainkan dijalankan benar-benar dan selalu berpedoman mengacu para peraturan perundang-undangan, karena ini berkonsekwensi hukum bagi saudara, niat dijaga betul supay tidak terjadi masalah di tempat tugas. Selamat bertugas dengan tanggungjawab pada jabatan yang baru.

Melalui Kepala Dikda Sulut, AG Kawatu mengatakan bahwa 209 kepala sekolah tersebut sudah di SK-kan semua dan sudah siap menjalankan tugas tanggungjawab.

“Nantinya masih ada sisa yang belum sempat dilantik karena berhalangan sakit, daerah kepulauan tidak ada sit pesawat, hingga ada yang masih dalam tugas luar daerah. Sisanya nanti akan dilantik oleh bapak Wakil Gubernur (Steven Kandouw,red) dalam satu dua hari kedepan. Diharapkan para kepsek yang sudah di SK-kan Gubernur untuk segera menjalankan tugas dan loyalitas pada penyelenggaraan pemerintahan lewat pemerintah provinsi akan terjalin dengan baik, seperti kaitannya dengan UU Nomor 23,” terang Kawatu.

Baca Juga:  Jokowi; Peredaran Vaksin Palsu Kejahatan Luar Biasa, Hukum Berat Pelakunya

Hadir mendampingi Gubernur diantaranya Sekertaris provinsi Sulut, Edwin Silangen, Kepala Dinas Pendidikan Perwakilan Daerah (Dikda) Sulut, A.G Kawatu, Asisten III Setdaprov Sulut, Roy Roring beserta jajaran ASN Dinas Pendidikan Sulut.