Advertorial: Gubernur Sulut Hadiri Tulude di Sitaro

  • Whatsapp
Gubernur dan First Lady serta Bupati Sitaro Tonny Supit dan istri sedang mengikuti acara adat Tulude/

ONDONG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan bersama Anggota DPRD Sulut serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menghadiri acara adat Tulude, Rabu (31/1) di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Foto: manadonews

Tiba di Pelabuhan Siau, Gubernur dan rombongan langsung disambut secara adat oleh pemuka adat.

Bacaan Lainnya

Menurut Olly, Tulude sudah menjadi agenda promosi pariwisata pemerintah provinsi.

Foto: manadonews

“Karena budaya Tulude ini sudah bukan jadi budaya orang Sanger lagi, tapi sudah membudaya ke semua pesisir Kabupaten Kota yang ada di Sulut. Jadi, saya kira itu sudah menjadi budaya yang harus kita pelihara terus sebagai masyarakat, sebagai penduduk Sulut, karena ini sudah menjadi suatu agenda pariwisata bagi provinsi Sulut. Maka dengan itu, melihat esensi gelar budaya adat Tulude yang akan nilai-nilai budaya, baik religius,  maka menjadi kesukacitaan sendiri bagi kita pemerintah dan masyarakat Sitaro tetap solid dalam melestarikan  kebudayaan ini sebagai aset daerah dan sumber daya pembangunan kedepan,” paparnya.

Baca Juga:  45 Anggota DPRD Sulut Periode 2019-2024 Resmi Dilantik
Foto: manadonews

Lanjutnya Tulude ini merupakan warisan leluhur yang sangat menarik, khas dan unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain di luar Sulawesi Utara.

“Karena ini, merupakan warisan budaya yang penuh makna dan sarat nilai-nilai keimanan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa. Dapat dikatakan, bahwa adat Tulude merupakan harta tak ternilai dari Sang Pencipta bagi warga etnis kepulauan nusa utara. Sebuah warisan budaya yang memiliki unsur religius,” terang Olly.

Suasana budaya sangat terasa selama jalannya prosesi acara adat.

Foto: manadonews

Gubernur Olly dan First Lady serta Bupati Sitaro Tonny Supit dan istri Evangelian Sasingen mengikuti dengan penuh khusuk selama berlangsungnya acara sambil mengenakan pakaian adat.

Gubernur Olly Dondokambey dan First Lady dijemput secara adat saat tiba di Siau/Foto: manadonews

Tampak menghadiri acara adat Tulude Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang, Anggota Komisi III Dick Marvel Makagansa, Ivon Bentelu, Kristovorus Decky Palinggi serta pejabat dan legislator Sitaro.

Terpantau juga masyarakat luas memadati area pelaksanaan acara Tulude yang merupakan hajatan tahunan yang telah berlangsung secara turun temurun itu.

Gubernur dan Ketua TP PKK Rita Tamuntuan menerima karangan bunga/Foto: manadonews

Sebelum menghadiri Tulude, orang nomor satu di Nyiur Melambai (Sulut, red) itu memberikan bantuan sekaligus bertatap muka dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Siau.

Baca Juga:  Camat Beo Ajak Pegawai Rayakan Tahun Baru Sambil Keliling Kota

“Pak Gubernur juga memaparkan sejumlah program di kepulauan Sitaro,” kata Karo Umum dan Protokol Provinsi Clay Dondokambey.

Fik

Pos terkait