Example floating
Example floating
Kotamobagu

Cegah Virus Flu Burung, Dispertanak Kotamobagu Lakukan Pengawasan

×

Cegah Virus Flu Burung, Dispertanak Kotamobagu Lakukan Pengawasan

Sebarkan artikel ini

Manap Pudul

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), terus melakukan pengawasan terhadap 67 peternak hewan unggas yang tersebar di Wilayah Kotamobagu.Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus flu burung.

MANTOS MANTOS

Kepala Bidang Peternakan Manap Pudul mengatakan, pihaknya terus melakukan peninjauan kandang ayam yang ada di Kotamobagu.

“Yah itu adalah bagian dari tugas dan upaya kami bagaimana agar unggas-unggas piaraan yang ada di Kotamobagu bisa sehat dengan terhindar dari firus flu burung,” kata Manap, Senin (16/09/2018).

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan masyarakat veternak (Kesmavet) Sri Anggraini menambahkan, dalam pengawasan tersebut, Pihaknya melakukan sosialisasi pada awal atau akhir tahun setiap ada pendataan peternak unggas di Kotamobagu.

Baca Juga:  Dorong Petani Organik, Dua Kelompok Ikut Pelatihan

“Jadi kami datangi setiap kandang-kandang ayam yang ada sambil mendata kami berikan juga  sosialisasi penerapan biosicuruty, seperti penyemprotan kandang dan bagaigaimana kebersihan kandang itu,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dari jumlah peternak unggas yang tersebar di Empat Kecamatan di Kotamobagu, terdapat 31 peternak ayam petelur mandiri, 20 peternak ayam pedaging, dan 16 peternak ayam pedaging mandiri.

“Itu terbagi di empat kecamatan diantaranya, 31 peternak ayam petelur terbagi  di Kotamobagu Timur ada 5 peternak dan kecamatan Kotamobagu selatan ada 26 peternak. Sedangkan Peternak ayam pedaging ada 20 peternak yang terbagi di Kecamatan Kotamobagu Utara ada 7 peternak, Selatan ada 10 peternak, Timur ada 3 peternak dan untuk peternak ayam daging mandiri itu ada 16 peternak yang terbagi di kecamatan kotamobagu utara 3 peternak, timur 3 peternak, selatan 3 peternak dan Kotamobagu Barat 1 peternak. Nah, itu yang selalu kami awasi agar terhindar dari penyakit flu burung,” pungkasnya.
(MLS)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *