Tahun Politik ASN Manado Diminta jadi Role Model Berdemokrasi

Walikota Manado Vicky Lumentut membawakan sambutan/Foto: hms

MANADO, MANADONEWS – Setelah menikmati libur panjang cuti bersama Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali beraktifitas.

Kalender kerja diawali dengan Apel Kerja Perdana dipimpin Walikota Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, di lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (03/01) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan berganti tahun adalah hal yang biasa, namun apa yang telah dicapai tahun 2018 dan bagaimana mengisi tahun 2019 menjadi bahan evaluasi, introspeksi dan koreksi serta refleksi dan acuan mencapai kinerja yang lebih baik.

“Momentum pergantian tahun merupakan titik evaluasi, introspeksi dan koreksi terhadap kaleidoskop pencapaian kinerja kita pada tahun sebelumnya, sebagai bahan refleksi dan acuan kita untuk melangkah di tahun 2019 dengan optimisme yang tinggi dalam mencapai kinerja yang lebih baik,” ujar Lumentut.

Baca Juga:  Kodim 1309/Manado Gelar Komsos Tangkal Faham Radikalisme

Lanjut dikatakan, mencermati rekam jejak perjalanan penyelenggaraan pemerintahan sepanjang tahun 2018, ada 21 penghargaan dan prestasi yang ditorehkan Pemkot Manado dari target 18 penghargaan. Meski demikian, kata Walikota Vicky Lumentut, dirinya tidak menargetkan lebih dari 21 penghargaan pada tahun 2019 ini.

“Tahun 2019 ini kita targetkan 19 penghargaan, kalau dapat lebih dari 19 itulah kerja keras kita bersama,” tandas nya.

Ia juga mengungkap keberhasilan Pemkot Manado meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 serta meraih predikat BB atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Manado tahun 2017.

“Penghargaan memang bukanlah tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan, tetapi penghargaan bisa menjadi bahan evaluasi kinerja pemerintah serta sebagai penanda jika pelaksanaan pemerintahan berjalan on the track, dan menjadi motivasi bagi kita untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” tukasnya.

Memasuki tahun 2019 sebagai tahun politik, ia meminta ASN Pemkot Manado untuk menjadi role model dalam berdemokrasi dengan menjaga netralitas dan kredibilitas.

Baca Juga:  Sulut Miniatur Indonesia, Pemuda Lintas Agama Dialog dengan Kapolda

“Saya mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Manado agar senantiasa menjaga netralitas dan kredibilitas demi terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dengan baik.,” pintamya.

Walikota meminta ASN dan THL menjadi agen penyampaian informasi program Pemkot Manado kepada masyarakat.

“Jangan sampai ada masyarakat yang bertanya tentang program pemerintah, ada pegawai yang hanya mengatakan tidak tahu atau tanya saja kepada Walikota, Wakil atau Sekda. Seluruh ASN harus jadi agen-agen penyampaian informasi kepada masyarakat. Apapun program pemerintah Kota Manado harus tahu, dan mampu jelaskan kepada masyarakat,” kuncinya.

Pada kesempatan itu Walikota menyerahkan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat dan SK pensiun kepada sejumlah ASN Pemkot Manado.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Heri Saptono, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan dr Robby Mottoh, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, sejumlah pejabat, serta ribuan ASN dan THL Pemkot Manado.(bag.pemhum)

Pos terkait