Begini Kondisi Truk Damkar di Tomohon

TOMOHON, MANADONEWS – Kondisi truk Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Tomohon cukup memprihatinkan. Sejauh ini, jumlah armada yang tersedia tinggal dua. Begitu juga dengan hidran.

“Damkar tahun ini ada tujuh. Ada dua yang baik, dua kurang baik dan yang lain rusak berat,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Syske S Wongkar SPd.

Dikatakan Wongkar, satu kendaraan rusak berat bisa digunakan. “Kendaraan itu dipakai untuk menyuplai air,” katanya. “Jumlah hidran ada dua. Satu berada di Kakaskasen, satunya di Matani,” tutur Wongkar.

Diketahui, Kota Tomohon, memiliki punya luas 147,21 km2. Ada lima kecamatan dan 44 kelurahan. “Perbandingan dengan jumlah hidran dan mobil damkar belum memenuhi syarat. Itu perlu pengadaan,” sebut dia.

Ia mengatakan satu mobil bisa mencakup satu kecamatan. Dengan ukuran kecamatan bisa ditambah satu kecamatan “Jumlah personil pemadam ada 30 orang yang dibagi tiga regu. Untuk kondisi peralatan perlu penambahan,” bebernya.

Menurut Wongkar, pihaknya akan menambah dua hidran di dua kecamatan lain. Biayanya Rp 16 Juta. “Untuk hidran lama masih bagus. Lebih perlu kewaspadaan semua orang untuk kebakaran,’ ujarnya.

Baca Juga:  Gubernur Sulut Hadiri Paripurna HUT Minahasa Tenggara ke- 9

Wongkar menambahkan, pemadam kebakaran Tomohon mengikuti SOP pemadaman kebakaran. Walau begitu, ia menghimbau perkantoran katanya perlu pemadam manual.

“Di sebuah rumah makan cepat padam karena mereka punya pemadam api. Kalau kami dipanggil akan tiba di lokasi paling lambat 15 menit,” tandasnya. (Youngky)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
58 votes

This will close in 10 seconds