RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan Kanker Payudara

MANADO,Manadonews.co.id-.Pihak RSUP Kandou Manado menggelar Edukasi Kesehatan Terkait Kanker Payudara, Rabu (25/6/2019).

Edukasi kesehatan diberikan kepada pasien dan keluarga saat ini mengenai Deteksi Dini Kanker Payudara.

Menurut Dr.dr. Victor Pontoh, bahwa kanker payudara termasuk 10 penyakit terbanyak di Poli Bedah dan Rawat Inap Bedah RSUP Kandou Manado.

Diharapkan dengan pemberian edukasi ini, masyarakat Manado, khususnya pasien dan keluarga pasien serta pengunjung yang sedang menunggu obat dapat mengetahui bagaimana melakukan pencegahan dini melalui periksaan sendiri payudara atau sering disebut dengan SADARI.

“Dengan melakukan SADARI secara rutin, dapat memperkecil risiko kematian akibat kanker payudara,” katanya.

Kewaspadaan sedini mungkin terhadap kanker payudara sangat penting. Jika dijumpai adanya benjolan sekecil apapun di payudara dan area sekitarnya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Dengan demikian, dapat dilakukan deteksi sedini mungkin dan dapat segera diobati sebelum berkembang ke arah stadium lanjut

“Hal ini menjadi titik penting, karena di sulawesi utara, pasien datang berobat atau berkonsultasi ke dokter sudah dalam stadium lanjut atau dalam kondisi yang sudah parah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pangdam Xlll Merdeka Resmikan Ruang Perawatan RS R W Monginsidi

Penyuluhan kali ini juga diakhiri dengan memperkenalkan aplikasi SEHAT PEDIA oleh Kemenkes dan aplikasi E-Latif yang dipersembahkan oleh RSUP Kandou Manado kepada masyarakat Sulawesi Utara agar pelayanan kesehatan bisa langsung dilakukan oleh masyarakat dari jarak jauh atau dari rumah.
(Stvn)

Tags: