Kazidam XIII/Merdeka Tinjau Uji Coba Teknologi Sea Water Reverse Osmosis

MANADO, MANADONEWS.co.id- Kepala Zeni Daerah Militer (Kazidam) XIII/Merdeka Kolonel Czi Cornelles Rompas di dampingi Komandan Zipur 4/YKN Mayor Czi Bhakti Yuhandika meninjau langsung latihan dan uji fungsi bagi pengawak Sea Water Reverse Osmosis yaitu merubah air laut yang berkadar garam cukup tinggi menjadi air tawar yang layak dikonsumsi, Selasa (21/1/2020) di kawasan pantai Mega Mas Manado.

Kazidam XIII/Merdeka Kolonel Czi Cornelles Rompas ketika diwawancarai Manadonews.co.id mengatakan proses mengubah air laut menjadi air tawar membutuhkan tekanan yang sangat tinggi, yaitu 2-17 bar (30-250 psi) untuk air tawar dan payau, dan 40-82 bar (600-1200 psi) untuk air laut. Hasilnya, alat ini mampu memproduksi air siap minum mencapai 700-800 liter/Jam secara benar.

Rompas menjelaskan bahwa cara kerja alat ini menggunakan metode penyaringan yaitu menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan yang sangat tinggi pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring) dan didorong melalui filter yang menangkap zat terlarut dari satu sisi setelah itu mengalir ke pelarut murni dari sisi yang satunya.

Baca Juga:  Gubernur Olly Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2019

“Pemanfaatan teknologi yang dapat menghasilkan air asing menjadi air tawar dan air yang tidak layak konsumsi menjadi air bersih yang dapat diminum langsung tanpa harus melalui proses dimasak terlebih dahulu.”ujar Rompas.

Dia menambahkan, adapun teknologi ini secara garis besar dikerjakan bersama dengan mitra kerja, dimana tujuan utamanya adalah mendukung tugas satuan perbekalan dalam jajaran Kodam XIII/Merdeka.

‘Pemanfaatan teknologi yang dapat menghasilkan air asing menjadi air tawar dan air yang tidak layak konsumsi menjadi air bersih yang dapat diminum langsung tanpa harus melalui proses dimasak terlebih dahulu.”tandas Rompas sambil menambahkan teknologi ini juga dapat dimanfaatkan pada saat terjadi bencana alam atau kondisi masyarakat terisolir dan kekurangan air bersih.(Regina.TS)