Dispernaker Kotamobagu Terus Mendorong Sektor IKM di Kotamobagu

MANADONEWS, KOTAMOBAGU –Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) terus mendorong berkembangnya sektor Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Kotamobagu.

Keseriusan Pemerintah ini tercermin dengan digelarnya pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan baku batok kelapa dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GM ART, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Masita Buntuan mengatakan, pelatihan ini digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kotamobagu, dengan pembiayaannya dari Bidang Perindustrian dan Tenaga Kerja.

“Kalau PKK melekat di DPMD, nah Dekranasda ini melekat di Dispernaker,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, hal ini dilakukan untuk menciptakan usaha baru serta meningkatkan kualitas produk khususnya di kerajinan batok kelapa. Dimana, bahan baku tersebut sangat banyak dijumpai di Kotamobagu karena memiliki pohon kelapa.

“Kami berpemikiran kelapa itu banyak manfaatnya. Selain bisa dibuat minyak, seperti batok kelapa ini juga bisa dibuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual, sehingga diharapkan para pengrajin yang sudah mempunyai produk kerajinan batok kelapa tersebut agar lebih meningkatkan kualitas produknya, sementara untuk yang pemula bisa jadi wirausaha baru,” harapnya.

Baca Juga:  Suhu Politik Meningkat, Ini Kata JWS

(MLS)

Tags: