Pertumbuhan Ekonomi Kota Tomohon Tahun 2019 Naik Jadi 6,82 Persen

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak, CA membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kota Tomohon Tahun 2021, yang dilaksanakan secara online dengan cara Video Conference, bertempat di kediaman Wali Kotadan Command Center Mall Pelayanan Publik Tomohon, Rabu (22/04/2020).

Dalam sambutannya Jimmy Eman mengatakan di wabah Covid-19 pelaksanaan Musrenbang di Kota Tomohon sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Yakni melakukan penyesuaian dengan mekanisme pelaksanaan Musrenbang secara online,” kata Eman.

Kegiatan ini mengacu pada Surat Edaran Mendagri No. 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 mengenai pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2021, sesuai amanat UU No. 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional dan UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tatacara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tatacara perubahan RPJPD, RPJMD, & RKPD.

Dikatakan Wali Kota, pertumbuhan ekonomi Kota Tomohon tahun 2019 mencapai 6,82% yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 6,13%.

Baca Juga:  Sabet Lima Kategori, Manado Juara Umum Pesparawi se- Sulut

“Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2019 mengalami peningkatan yaitu sebesar 76,67% yang sebelumnya di tahun 2018 sebesar 75,78%. Sedangkan laju inflasi Kota Tomohon tahun 2019 pada angka 3,52 %.,” papar Eman

Selanjutnya untuk tema pembangunan Nasional “Meningktakan Industri dan pariwisata diberbagai wilayah industri didukung oleh investasi,” dengan 7 program prioritas : 1. Ketahanan Ekonomi untuk pertumbuhan 2. Pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan. 3. SDM berkualitas dan berdaya saing 4. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan 5. Infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar. 6. Lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim 7. Stabilitas POLHUKHANKAM dan Transformasi Pelayanan Publik.

Sementara Tema Pembangunan Provinsi Sulut “Mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat didukung pengembangan pariwisata dan industri lainnya berbasis sumberdaya lokal serta infrastruktur yang berkualitas,” dengan 5 program prioritas : 1. Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran 2. Pemantapan sumberdaya manusia berkualitas dan reformasi birokrasi 3. Pariwisata, ketahanan pangan dan industri ekonomi kreatif 4. Peningkatan infrastruktur 5. Mitivasi bencana & pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga:  Pesan Dandim 1302/Min, Junjung Tinggi Sportivitas

Sedangkan Tema pembangunan Kota Tomohon tahun 2021 yaitu: “Peningkatan layanan dan pengembangan SDM, Infrastruktur serta pariwisata untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berwawasan lingkungan,” dengan 7 program prioritas pembangunan : 1. Kemandirian ekonomi dan daya saing 2. Penanggulangan kemiskinan dan permasalahan sosial serta penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat 3. Pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan penataan ruang 4. Pariwisata dan budaya 5. Pembangunan infrastruktur 6. Kualitas birokrat dan tata kelola 7. Kualitas sumber daya manusia.

Walikota berharap apa yang dihasilkan, diputuskan dan disepakati dalam Musrenbang ini benar-benar dijabarkan dalam rencana kerja anggaran (RKA) Perangkat Daerah.

“Agar pada saatnya akan menghasilkan APBD tahun depan yang semakin kapabel mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah yang kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun,” tuturnya.

Walikota mengucapkan terima kasih kepad Bapelitbang dan Perangkat Daerah Kota Tomohon untuk implementasi aplikasi simda integrated dalam perencanaan.

Sebelum membuka kegiatan, Wali Kota berpesan tiap hari Jumat jam 6 sore ada doa bersama karena obat dari Covid-19 adalah doa.

Baca Juga:  Bawaslu Temukan Dugaan Bahan Kampanye Milik FER di Kampus UNIMA

“Saya menghimbau untuk selalu waspada, jaga jarak dan selalu menggunakan masker agar kita dapat terhindar dari virus Corona. kiranya WFH (work from home= bekerja dari rumah) ini tidak mengurangi semangat kerja kita,” urainya.

Musrenang diikuti Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy Sundah SE, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, M.SI, Kajari Tomohon Immanuel Richendry Hot, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Slamet Rahardjo S.Sos, MSi, Presidium BKSAUA Pdt Roy Tamaweol ThM, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Viktor Lolowang MSc MTh, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Ir Jenny Karouw MSi, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan pemangku-pemangku kepentingan terkait.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
78 votes

This will close in 10 seconds