Jimmy Eman Sampaikan Poin ini pada Sosialisasi dan Pemetaan Program/Kegiatan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak, CA, membuka mengikuti Sosialisasi Dan Pemetaan Program/Kegiatan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon, dari kediaman Walikota dan Command Centre Pemkot Tomohon. Kamis(14/05/2020).

Laporan panitia pelaksana Kaban Bappelitbangda Drs. Daniel E Pontonuwu mengatakan Sosialisasi Permendagri ini dilaksanakan lewat Video Conference guna memutus matarantai Covid-19.

Jimmy Eman dalam sambutannya mengatakan berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) pasal 14 yang menyatakan dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD, RKPD) maupun dokumen perencanaan perangkat daerah (RENSTRA, RENJA) menggunakan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2021 sudah pada tahap perumusan rancangan akhir setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa tahapan kegiatan dalam proses penyusunan dengan mengakomodir pokok-pokok pikiran DPRD, konsultasi publik dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD. Selain itu telah dilaksanakan forum lintas perangkat daerah dan pelaksanaan Musrenbang baik dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, tingkat Kota, Provinsi sampai di tingkat Pusat,” urai Wali Kota.

Baca Juga:  Bupati Bolsel Harap Perayaan Tahun Baru Islam Dimaknai Untuk Membangun Daerah

Untuk itu melalui pertemuan saat ini lewat Video Conference, Wali Kota sangat mengharapkan kerjasama yang baik dengan seluruh Stakeholder/Perangkat Daerah untuk dapat memetakan setiap program dan kegiatan pada RPJMD, RENSTRA dan RENJA perangkat daerah yang masih berlaku dengan mempedomani program,  kegiatan dan sub kegiatan sebagaimana yang diatur dalam Permendagri Nomor 90 Tahun 2019.

“Saya berharap agar acara sosialisasi ini dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan tahun anggaran 2021, beserta dokumen perencanaan lainnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam upaya kita membangun dan menata kota Tomohon ke depan yang lebih baik dan terdepan,” tukasnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala BPKP Sulawesi Utara Setya Nugraha, Wakil Wali kota Tomohon Syerly Adelyn Sompoton, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir.Harold V.Lolowang, MSc, Kepala Bidang Monev Bappeda Sulawesi Utara Dr Adarto Utiah yang diwakili oleh Bapak Randy Sompie serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Baca Juga:  Robby Dondokambey Calon Tunggal

Yunita Rotikan