Jumat Hari Ini, Pasien Positif Covid-19 Kota Tomohon Tidak Bertambah, Tetap 18 Orang

TOMOHON, MANADONDEWS.CO.ID – Sebelum menyampaikan data terkini penyebaran corona virus disease-2019 (covid-19) di Kota Tomohon, Gugus Tugas akan menyampaikan hal-hal sebagai berikut kepada seluruh masyarakat :

  1. Kembali gugus tugas mengingatkan bahwa wabah Covid-19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini adalah pandemi atau penyakit menular yang menyebar secara global di seluruh dunia. Covid-19 bukan penyakit kutukan atau tulah. Covid-19 dapat menginfeksi siapapun tanpa pandang bulu. Tidak ada seorangpun yang ingin terinfeksi virus ini. Semua yang terinfeksi virus corona adalah korban dari pandemi ini. Untuk itu disampaikan kepada seluruh masyarakat agar jangan pernah memberi stigma negatif terhadap pasien covid-19. Jangan pernah menyalahkan dan menyudutkan pasien covid-19. Sekali lagi, mereka adalah korban yang sedang berjuang untuk sembuh dari infeksi virus ini. Mereka membutuhkan topangan semangat dan dukungan semua masyarakat baik moril maupun spiritual. Doakan mereka yang saat ini sedang dirawat sebagai pasien covid-19, termasuk keluarganya.
  2. Hari ini Gugus Tugas akan mengumumkan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tomohon menjadi 18 orang. Hal ini semakin memberikan warning bagi kita semua masyarakat kota tomohon untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. Ada beberapa kasus yang masih ditelusuri dari mana terjangkitnya, sementara para pasien bukan pelaku perjalanan. Artinya kita punya kasus individu (individual case), sudah tidak tergantung lagi dengan import case. Inilah yang gugus tugas maksudkan dengan adanya transmisi lokal di daerah kita. Untuk itu, jangan lagi ada yang masih menganggap remeh serta acuh tak acuh. Ada yang merasa sudah tidak perlu lagi menghindari kerumunan, ada yang merasa sudah tidak perlu lagi stay at home, mengabaikan pakai masker, dan tidak mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Ada yang merasa sudah tidak perlu lagi mematuhi segala kebijakan pemerintah dalam hal pembatasan-pembatasan dan pemberlakuan protokol kesehatan. Saat ini justru mari kita lebih semangat untuk lebih taat, lebih patuh, dan lebih peduli demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 untuk keselamatan jiwa kita, keluarga kita, dan banyak orang.
Baca Juga:  Dengan Cara Ini,KPU Kotamobagu Gelar Sosialisasi Pilwako

Selanjutnya, data penyebaran Covid-19 di Kota Tomohon sampai dengan hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 adalah sebagai berikut :

1.Pelaku Perjalanan (PP) : 1384 orang (sebelumnya 1384 orang / tetap). 2.  Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 24 orang (sebelumnya 22 orang / bertambah 2 orang).  3. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 5 orang, yaitu : (1) pasien perempuan/27 tahun, dari kec. Tomohon selatan. Pasien masuk salah satu rumah sakit swasta di tomohon pada hari rabu tanggal 20 mei 2020 dan saat ini masih dirawat di rumah sakit tersebut. Hasil pemeriksaan swab test sedang ditunggu. (2) pasien laki-laki/30 tahun, dari kec. Tomohon tengah. Pasien masuk RSUD Anugerah Tomohon pada hari selasa tanggal 19 mei 2020, dan saat ini masih dirawat di rumah sakit tersebut. Hasil pemeriksaan swab test sedang ditunggu. (3) pasien laki-laki/46 tahun, dari kec. Tomohon Selatan. Pasien masuk RSUD Anugerah tomohon pada hari selasa tanggal 19 Mei 2020, dan saat ini masih dirawat di rumah sakit tersebut. Hasil pemeriksaan swab test sedang ditunggu. (4) pasien bayi laki-laki/17 hari, dari kec. Tomohon selatan. Pasien dirujuk dari salah satu rumah sakit swasta di tomohon ke rsup prof. Kandou manado pada hari rabu tanggal 20 mei 2020 sekitar pukul 20.30 wita, dan meninggal dunia pada hari kamis tanggal 21 mei 2020 sekitar pukul 08.00 wita. (5) pasien laki-laki/77 tahun, dari kec. Tomohon Selatan. Pasien masuk salah satu rumah sakit swasta di Tomohon pada hari rabu tanggal 20 Mei 2020 sekitar pukul 14.05 wita. Hasil pemeriksaan rapid test non-reaktif, sedangkan hasil pemeriksaan swab test sedang ditunggu.

Pasien meninggal dunia pada hari ini Jumat tanggal 22 mei 2020 sekitar pukul 08.55 wita dan dimakamkan dengan protokol covid-19. Dengan demikian, total jumlah PDP sampai hari ini tercatat 24 orang (sebelumnya 19 orang / bertambah 5 orang), dengan rincian sebagai berikut :

Baca Juga:  Pemkot Tomohon Derahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Kolongan

PDP sementara dirawat : 13 orang (sebelumnya 10 orang / bertambah 3 orang) sebaran : 1 orang dari kec. Tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon Timur, 2 orang dari kec. Tomohon tengah, 2 orang dari kec. Tomohon Barat, 7 orang dari kec. Tomohon Selatan.

Satu (1) orang dirawat di RSUP Prof. Kandou Manado, 4 orang dirawat di RSUD Anugerah Tomohon, 8 orang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Tomohon.

PDP meninggal dunia (menunggu hasil swab test) : 10 orang (sebelumnya 8 orang / bertambah 2 orang) sebaran : 3 orang dari kec. Tomohon utara, 2 orang dari kec. Tomohon tengah, 5 orang dari kec. Tomohon selatan dimana salah satunya ber-KTP Minahasa Utara dan dimakamkan di Minahasa Utara.

PDP keluar rumah sakit (menunggu hasil swab test) : 1 orang (tetap) dari kec. Tomohon selatan.

Pasien bukan PDP jumlahnya tidak ada perubahan, masih sama dengan kemarin hari, tetap tercatat 26 orang, dengan rincian sebagai berikut:.a pasien semula pdp namun kemudian meninggal bukan covid-19 karena setelah dimakamkan diperoleh hasil swab test negatif : 9 orang (tetap) sebaran : 2 orang dari kec. Tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon timur, 1 orang dari kec. Tomohon tengah, orang dari kec. Tomohon barat, 4 orang dari kec. Tomohon selatan.

Pasien keluar rumah sakit dengan 2 kali hasil pemeriksaan swab test negatif (bukan covid-19) : 11 orang (tetap) sebaran : 1 orang dari kec. Tomohon timur, 4 orang dari kec. Tomohon tengah, 1 orang dari kec. Tomohon barat, 5 orang dari kec. Tomohon selatan.

Pasien terlapor PDP sebelumnya namun kemudian dinyatakan sudah tidak termasuk kriteria PDP : 6 orang (tetap) sebaran : 2 orang dari kec. Tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon timur, 1 orang dari kec. Tomohon tengah, 1 orang dari kec. Tomohon barat, 1 orang dari kec. Tomohon selatan.

Pasien terkonfirmasi positif covid-19 gugus tugas covid-19. Pemerintah provinsi sulawesi utara telah mengumumkan pada hari kamis tanggal 21 Mei 2020, bahwa pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tomohon bertambah 2 orang, dengan rincian sebagai berikut : (1) pasien perempuan/52 tahun, dari kec. Tomohon tengah. Pasien adalah pegawai salah satu rumah sakit swasta di tomohon, dan saat ini sementara dirawat di ruang isolasi rumah sakit tersebut. (2) pasien laki-laki/17 tahun, dari kec. Tomohon tengah. Pasien adalah seorang siswa di tomohon, dan saat ini sementara dirawat di ruang isolasi salah satu rumah sakit swasta di tomohon.

Baca Juga:  Parkiran Stadion Klabat "Dipercantik"

Dengan demikian, total jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 sampai hari ini tercatat 18 orang (sebelumnya 16 orang / bertambah 2 orang), dengan rincian sebagai berikut : v.a sementara dirawat : 12 orang (sebelumnya 10 orang / bertambah 2 orang) sebaran : 3 orang dari kec. Tomohon tengah, 9 orang dari kec. Tomohon selatan. 3 orang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di tomohon, 4 orang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di manado, 5 orang dirawat di rsud anugerah tomohon. V.b dinyatakan sembuh : 5 orang (tetap) sebaran : 3 orang dari kec. Tomohon tengah, 2 orang dari kec. Tomohon selatan.

Pasien positif meninggal dunia : 1 orang (tetap) dari kec. Tomohon tengah.

Selesai dipantau dan dinyatakan sehat : 1348 orang (sebelumnya 1346 orang / bertambah 2 orang)

Tracking sudah dilakukan terhadap 680 orang (sebelumnya 680 orang / tetap ).

Hasil pemeriksaan rapid test reaktif hasil pemeriksaan rapid test reaktif bertambah 3 orang, dengan rincian : 1 orang dari kec. Tomohon tengah, 2 orang dari kec. Tomohon selatan.

Dengan demikian, total jumlah hasil pemeriksaan rapid test reaktif sampai hari ini tercatat 30 orang, dengan sebaran : 2 orang dari kec. Tomohon utara, 14 orang dari kec. Tomohon tengah, 2 orang dari kec. Tomohon barat, 12 orang dari kec. Tomohon selatan. Dari 30 orang ini, 6 orang sudah keluar hasil swab test negatif (bukan covid-19), 3 orang dengan hasil swab test positif covid-19, 2 orang meninggal dunia, dan 19 orang menunggu hasil swab test.

Demikian press rilis hari ini, terima kasih. Salam sehat selalu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon