Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Pelepasan 68 Orang Prajurit Satgas Apter

MANADO,MANADONEWS.co.id- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang memimpin upacara pemberangkatan Satuan Tugas Aparat Teritorial (Satgas Apter) yang akan melaksanakan tugas di wilayah Indonesia bagian Timur, Jumat (26/6/2020) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

“Upacara ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid -19.”ujar Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Jaelani.

Jaelani menjelaskan, Kodam XIII/Merdeka mengirimkan Satgas Apter sebanyak 68 prajurit yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama, dimana para prajurit ini nantinya akan melaksanakan tugas selama satu tahun di wilayah Kodam XVI/Pattimura sebanyak 22 personil, Kodam XVII/,Cendrawasih 24 personil dan Kodam XVIII/Kasuari sebanyak 22 personil.

“Yang jelas, para personil Satgas Apter ini sebelum diberangkatkan terlebih dahulu mereka telah menerima pembekalan dari pejabat staf teritorial Kodam XIII/Merdeka.”ujarnya.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang dalam kesempatan itu mengatakan suatu kehormatan bagi setiap prajurit Sapta Marga, karena tidak semua prajurit bisa memiliki kesempatan untuk menjalankan tugas seperti ini.

” Selaku Pangdam XIII/Merdeka saya ucapkan selamat bertugas Kepada para prajurit yang telah dipercaya untuk menunaikan tugas penebalan aparat Teritorial guna memenuhi kebutuhan personel di wilayah Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.”kata Pangdam sambil menegaskan sebagai prajurit Sapta Marga, tugas adalah kebanggaan sekaligus kehormatan, karena tidak setiap prajurit memiliki kesempatan untuk menunaikan tugas seperti yang kalian jalankan sekarang ini.

Baca Juga:  Lapak di Boulevard Dua Manado Ditertibkan

Di akhir amanatnya, Pangdam XIII/Merdeka memberikan penekanan beberapa hal untuk dipedomani yaitu:

Pertama, jaga nama baik satuan. Jangan khianati kepercayaan negara dan pimpinan TNI dalam menjalankan tugas.

Kedua, laksanakan pembinaan teritorial serta pedomani metode binter dan 5 sikap teritorial;

Ketiga, selalu menjaga kesehatan diri dengan baik agar dapat menjalankan tugas secara optimal;

Keempat, jaga kekompakan dan solidaritas di antara sesama prajurit Kodam XIII/Merdeka di tempat penugasan.

Kelima, selalu dekatkan diri dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.(Pendam XIII/Mdk/Regina.TS)