Prihatin Nasib Penambang Bakan, DPRD Bolmong Ajukan Permintaan Ini

BOLMONG,MANADONEWS.CO.ID,-Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling merasa prihatin terhadap para penambang yang ditangkap aparat.

Welty meminta aparat kepolisian untuk tidak melanjutkan proses hukum para penambang yang tertangkap.

“Atas nama DPRD Bolmong, saya meminta kepada pihak yang berwajib untuk tidak melanjutkan proses hukum bagi para penambang yang tertangkap,” ungkap welty dalam Rapat Forkopimda Kabupaten Bolmong bersama Komisi 1 DPRD Bolmong serta pihak JRBM pada beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kotamobagu AKP Muhammad Fadli menjelaskan pihaknya tidak pernah melanjutkan proses hukum bagi penambang yang terciduk.

Menurutnya, ada beberapa yang diproses karena melakukan perlawanan kepada aparat.

“Kasusnya pun sampai kita tunda tujuh hari keluarkan SPPD. Kami tunggu keluarganya tapi tidak datang. Maka kami lanjutkan ke Kejaksaan,” tuturnya.

Selanjutnya ia mengatakan karena kasusnya sudah di kejaksaan sehingga proses selanjutnya bergantung pada kejaksaan.

“Sebenarnya kami juga tak tega, tapi ada hal hal tertentu yang mengharuskan kami untuk bertindak sesuai kewenangan hukum kami,” ungkapnya.

Baca Juga:  Welty Dukung Program Padat Karya Olly Dondokambey

Dalam rapat tersebut, anggota DPRD Bolmong Febrianto Tangahu juga menyampaikan, tambang merupakan mata pencaharian dari warga Bakan untuk menghidupi keluarganya.

“Tanah pegunungan di wilayah itu dipercaya mengandung emas yang melimpah. Hal inilah yang membuat warga marak menambang, meskipun kebanyakan ilegal, alias PETI. Namun banyak penambang yang tertangkap hanya karena mengambil sebongkah emas di tanah mereka sendiri,” ujarnya

“Mereka hanyalah rakyat yang mencari sesuap nasi untuk istri dan anak mereka. Tapi kenapa ditangkap. Mereka bukanlah pembunuh,” katanya

Hal senada pula disampaikan, Mas’ud Lauma, salah satu anggota DPRD Bolmong yang juga dari wilayah Lolayan ini, mengatakan bahwa para penambang hanyalah warga yang hendak mencari makan bagi keluarga mereka.

“Ini mencederai rasa keadilan. Kalau mau jujur semua yang berlaku adalah melanggar aturan. Kalau mau tangkap ya tangkap semua. Jangan hanya warga Bakan yang ditangkap,” ujarnya.

(David)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
2958 votes

This will close in 10 seconds