Dimulai 23 Juli, Operasi Patuh Samrat-2020 Sasar Pelanggar Lalu Lintas

MANADO,Manadonews.co.id-.Polda Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Operasi Patuh Samrat 2020 selama 14 hari ke depan, dimulai 23 Juli hingga 5 Agustus mendatang, yang diawali dengan Apel Gelar Pasukan dipimpin Wakapolda Sulut, Polri Brigjen Pol Drs Yadi Suryadinata MSi, Kamis (23/7/2029) pagi, di lapangan upacara Mapolda.

Apel tersebut ditandai dengan penyematan pita biru-puith secara simbolis oleh Wakapolda kepada tiga perwakilan personel, masing-masing dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda, mengatakan, keselamatan merupakan sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas.

“Dalam konteks ini, lalulintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” ujarnya membacakan sambutan Kapolda.

Untuk itu, lanjutnya, Polri telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang dilaksanakan tiap tahun secara serentak di seluruh Indonesia.

Wakapolda mengatakan, ada delapan sasaran prioritas Operasi Patuh tahun 2020, yaitu:

  1. Pengemudi menggunakan handphone/miras
  2. Pengemudi melawan arus;
  3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu;
  4. Pengemudi tak mengunakan seatbelt
  5. Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI;
    6.Balap Liar
  6. Syarat Teknis Kendaraan
  7. Pendisplinan protokol kesehatan/pengemudi wajib memakai masker.
Baca Juga:  Kapolda Sulut dan Rombongan Baksos di Wilayah Utara Indonesia

Selain itu menurut Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya , Operasi patuh kali ini  untuk meminimalis gangguan lalu lintas.

“Kami berkeinginan terwujudnya, keamanan, ketertiban serta keselamatan pengendara dalam berlalu lintas. pengendara bisa patuh dan juga kita berupaya untuk  mempersempit peredaran covid -19 ,” ujarnya.

Dirlantas menambahkan dalam pelaksanaan operasi, petugas di lapangan bakal menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun tujuan operasi itu digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

“Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam berkendaraan. Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalulintas tersebut, diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas,” pungkasnya.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
7 votes

This will close in 10 seconds