Tiga Mantan Bupati Asal Tonsea Kukuhkan dan Beri Gelar “Tonaas Wangko Minaesa Amian” Kepada Joune Ganda

  • Whatsapp

Minut, MANADONEWS.co.id – Tiga mantan Bupati masing-masing Bupati Minahasa Utara(Minut) Sompie Singal, penjabat Bupati Minut Rudy Umboh dan mantan Bupati Minsel Ramoy Luntungan bersama 6 tonaas adat Tonsea yang dipimpin Hermanus Dendeng mengukuhkan Bupati Minut adat Tonsea dan pemberian gelar Tonaas Wangko Minaesa Amian kepada Joune Ganda, SE  Sabtu (1/5/2021) di lobby kantor Bupati Minut.

Acara “Paimpuluan Ne Tonsea” pengukuhan adat Tonsea Bupati Minut ini dilakukan dalam sidang adat oleh 9 tonaas (Makasiuow) dari Paimpulan Ne Tonsea terdiri dari para tonaas :
1. Sompie Singal
2. Ramoy Luntungan
3. Ruddy Umboh
4. Hermanus Dendeng
5. Johanis Rumambi
6. Bernhard Tuwaidan
7. Truitje supit
8. Johan Ombuh
9. Agus Walansendow

Tonaas Hermanus Dendeng dalam kesempatan itu menuturkan sosok Joune Ganda selaku Bupati Minut dinilai sangat layak untuk menerima pengukuhan sebagai Tonas Wangko Minaesa Amian.

“Diharapkan pengukuhan secara kebesaran adat Tonsea ini menjadi satu kekuatan baru sebagai sosok pemberani dan jujur dalam memimpin pemerintah Kabupaten Minut dan menjadi pengayom masyarakat Minut tanpa pilih kasih.”kata Dendeng sambil menegaskan menjadi Tonaas Wangko Minaesa Amian harus berdiri dan mengatasnamakan semua kelompok dan status sosial masyarakat Minut termasuk perbedaan politik.

Baca Juga:  Nama Ferdy Sondakh Masuk Radar Pilkada Sangihe, Ini Tanggapan Jebolan Guru Kader Utama

Sementara itu, mantan Bupati Minut Sompie Singal yang pada saat ritual adat itu menyerahkan Porong O’eh dan sosiru itu mengatakan mendukung penuh Bupati Joune Ganda menjadi simbol pemberani dengan gelar adat Tonaas Wangko Minaesa Amian.

“Pak Joune Ganda layak menerima gelar adat ini, saya yakin akan membangun pemerintahan yang bersih dan mensejahterakan masyarakat Minut.”tandas mantan Rival kuat Joune Ganda pada Pilgub Minut 9 Desember 2020 silam.

Tonas Wangko Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan kebanggaan bercampur haru atas pengukuhan sebagai tokoh adat Tonsea melalui prosesi adat yang merupakan kekayaan budaya tanah Tonsea.

Dia menuturkan pengukuhan ini satu hal yang sakral namun bermakna tanggung jawab moral yang tinggi.

“Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah Kabupaten Minut saya berterima kasih dan mengapresiasi dengan pemberian gelar ada ini oleh Tonas Makasiouw sebagai perwakilan pemangku adat Tonsea.”tandas Joune Ganda sambil menegaskan kedepan Pemkab akan terus menjaga dan melestarikan budaya sebagai potensi kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhur.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon Tindaklanjuti Surat Badan Informasi Geospasial

Acara pengukuhan Bupati Minut Joune Ganda secara adat Tonsea dan pemberian gelar sebagai Tonaas Wangko Minaesa Amian itu, turut dihadiri istri tercinta Rizya Ganda Davega, Kapolres Minut, Kajari Minut, Kepala Pengadilan Negeri Airmadidi  dan para pejabat Pemkab Minut serta tenaga ahli Bupati Minut.(nando)

Pos terkait