Sulut Terapkan Aturan Ketat, Pingkan Giroth Tetap Bela Sumsel di PON Papua

  • Whatsapp

Manado – Atlet selam asal Sulawesi Utara, Pingkan Giroth, yang kali kedua memperkuat Sumatera Selatan di PON berkeinginan untuk comeback. Pingkan punya kerinduan bela daerah tercinta, Sulawesi Utara. Apalagi, kerap latihan bersamaan dengan para atlet Sulut di venue Pantai Malalayang.

Memang, peraih medali perak di PON XIX Jabar 2016 lalu ini punya semangat yang sama dengan para atlet Sulut untuk menggapai prestasi PON XX/2021 Papua Oktober mendatang. Tapi lebih membanggakan ketika menggapai medali tercatat untuk daerah sendiri. Namun, kata Pingkan, hal itu tidaklah mudah.

Bacaan Lainnya

“Aturannya sangat ketat untuk pindah daerah saat ini,” ungkap dia saat ditemui usai latihan bersama atlet Sulut, belum lama ini.

Di sisi lain, Pingkan tak lupa berbagi pengalaman dan memberikan dukungan semangat kepada atlet-atlet Sulut. Menurutnya, tidak mudah meraih harapan prestasi di cabang olahraga Selam ini.

Selain kerja keras melalui latihan keras, penguasaan ‘medan’ di bawah laut harus benar-benar dikuasai.

Baca Juga:  Tak Hanya Meninjau, Bupati SWM Kerja Bakti Bersama Warga Bangun Jembatan Matanne

“Masing-masing venue pantai memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri,” kata Pingkan. Baginya, suasana pantai Malalayang dengan tempat pertandingan di Papua nanti tentu sangat berbeda. Makanya butuh penyesuaian untuk pengenalan medan,” kata dia.

Walau demikian, Pingkan memberikan apresiasi mengenai kesiapan atlet Sulut. Ia meyakini atlet-atlet Sulut bisa berbicara lebih di PON XX 2021 Papua. Sekretaris Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulut Nelson Uada mengatakan, kehadiran Pingkan Giroth di tengah-tengah atlet Sulut semakin menambah motivasi untuk meraih prestasi di PON 2021.

“Yang pasti Sulut akan menampilkan 5 atlet untuk Finswimming dan Orientasi Bawah Air,” ujar Pingkan. (Ben)

Pos terkait