Dipimpin Jems Tuuk, Olahraga ‘Baku Banting’ Siap Ikut Seleknas untuk Sea Games Vietnam

  • Whatsapp

Manado – Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus.

Olahraga Kurash berasal dari wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia sudah ada komunitas dalam wadah organisasi Ferkushi (Federasi Kurash Indonesia) dan telah terbentuk di seluruh tanah air.

Di Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Pengprov Ferkushinya adalah Ir. Julius Jems Tuuk yang juga legislator DPRD Sulut dari PDI-Perjuangan.

Atlet juga telah ada dan siap ikut berbagai kejuaraan. Namun, saat ini latihan dilakukan secara mandiri karena masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Umum Pengprov Ferkushi Sulut, Herry Kamurahang, mengatakan pihaknya menyiapkan atlet untuk mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) Sea Games Hanoi di Lampung tanggal 11-12 Juni 2021.

“Hal ini menyusul adanya surat PB Ferkushi yang sudah diterima Pengprov Ferkushi Sulut untuk persiapan SEA Games di Hanoi, Vietnam bulan Desember mendatang,” ungkap Kamurahang dalam rapat pengurus, belum lama ini.

Baca Juga:  Apresiasi Keberanian Masyarakat, Jems Tuuk Desak Bagian Tipikor Polda Sulut Seriusi Laporan Dugaan Korupsi Dana Desa

“Kurash sendiri menyiapkan atlet putra Melvin Taroreh. Jika memungkinkan akan ditambah atlet untuk ke Seleknas,” tambahnya.

Ketua Pengprov Ferkushi Sulut, Ir.Julius Jems Tuuk, akan berupaya memberangkatkan atlet di ajang bergengsi di Lampung.

“Kita sama-sama mencari solusi agar atlet Sulut bisa menjajal panasnya arena Seleknas di Lampung nanti,” pungkas Jems Tuuk. (Ben)

Pos terkait