Kasad dan Istri Tinjau Langsung Kondisi Latma Garuda Shield Ke-15 di Makalisung

  • Whatsapp

Minut, MANADONEWS.co.id– Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Helly Andika Perkasa di dampingi Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W.F Mamahit dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XIII/Merdeka Yanti Wanti Mamahit meninjau langsung Latihan bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 tahun 2021, Senin (9/8/2021) di Makalisung, Minahasa utara,Sulut.

Adapun kegiatan Garuda Shield ke-15 tahun 2021 ini adalah salah satu wujud program kerjasama TNI Angkatan Darat dengan tentara negara sahabat dalam bidang latihan, khususnya kerja sama dengan US Army.

Sesuai jadwal yang telah tersusun, latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat ini, diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2021 di tiga tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan dan Makalisung di Manado.

Sementara itu, materi yang dilatihkan  meliputi Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET), dan Garuda Airborne.

Baca Juga:  Terungkap dalam Sesi Diskusi, Reklamasi Pantai Boulevard Biang Keladi Banjir Bandang

Jenderal TNI Andika Perkasa ketika diwawancarai oleh awak media mengatakan sangat berharap, melalui latihan yang melibatkan 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 US Army ini, bukan saja meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, namun juga dapat meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD dan US Army.

Jenderal Andika juga menyampaikan bahwa dari dialog dengan para prajurit baik dari Yonif 712/ Raider maupun dengan US Army, salah hal baru yang dirasakan adanya pengalaman baru berinteraksi dengan tentara negara lain serta merasakan adanya keramahan dan persahabatan serta menambah adanya pengalaman dan teman baru.

Dalam kunjungan itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Helly Andika Perkasa tampat menyapa dan menanyakan perihal kondisi latihan kepada para prajurit TNI AD maupun prajurit dari  US Army dengan santai dan suasana kekeluargaan.

Pantauan media ini di lokasi latihan, turut hadir dalam kunjungan tersebut, Danpusterad, Aslat Kasad, Ir Kodiklatad, Kadispenad, Ir Pushubad, Bupati Minahasa serta pejabat utama Kodam XIII/ Merdeka.(Regina.TS)

Baca Juga:  Wawali Terima 437 Mahasiswa KKT Unsrat di Tomohon

Pos terkait