Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

Unggul di Jabar jadi Tanda-tanda Kuat PDI Perjuangan Menang Pemilu 2024?

×

Unggul di Jabar jadi Tanda-tanda Kuat PDI Perjuangan Menang Pemilu 2024?

Sebarkan artikel ini

Manado – Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, elektabilitas PDI Perjuangan dan Partai Gerindra merupakan yang tertinggi di Jawa Barat jika pemilihan umum digelar saat ini.

Hasil survei tersebut, menurut pengamat politik dari Tumbelaka Academic Center, Taufik Manuel Tumbelaka, menjadi ‘tanda-tanda’ kuat kemenangan PDI Perjuangan di Pemilu 2024 mendatang.

MANTOS MANTOS

“Jika PDIP menang di Jabar menjadi tanda-tanda dan signal kuat kemenangan PDIP di Pemilu 2024,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Rabu (16/2/2022).

Analisa Tumbelaka, selama ini Jawa Barat adalah basis Partai Gerindra dan PKS baik di Pemilu legislatif maupun Pilpres. Sementara basis PDI Perjuangan di Pulau Jawa adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Dua Pilpres terakhir 2014 dan 2019 calon yang diusung Gerindra dan PKS menang telak di Jabar. Pun, Pemilu legislatif 2019 Gerindra menang, meskipun PDIP di posisi kedua namun perolehan suara hanya selisih tipis dengan PKS. Nah, jika nanti PDIP menang Pemilu di Jabar maka dipastikan PDIP akan menguasai Pulau Jawa. Menang di Jawa, menang di Indonesia,” urai Tumbelaka.

Baca Juga:  Hebat, Sulut Juara Umum Popwil V 2018
Kongres V PDI Perjuangan di Denpasar Bali Agustus 2019

Kemenangan PDI Perjuangan berdasarkan hasil banyak lembaga survei, tambah Tumbelaka, bukan tanpa alasan. Menurutnya, PDI Perjuangan adalah partai paling solid, serta memiliki sistem pengkaderan terbaik.

“Jadi, PDIP bukan sekedar bicara ideologi, pengelolaan partai profesional, sistem pengkaderan yang baik. PDIP rutin melaksanakan sekolah partai,” kata Tumbelaka.

Diketahui, survei SMRC khusus di Jawa Barat menunjukkan PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang elektabilitas meningkat dibandingkan perolehan suara pada Pemilihan Umum 2019 lalu yakni dari 14,3 persen menjadi 16 persen.

“Dibanding dengan hasil Pemilu 2019, suara PDI-P cukup stabil, sedangkan partai-partai lain mengalami kecenderungan menurun,” kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, Selasa (15/2/2022).

Survei ini dilaksanakan SMRC pada 5-8 Februari 2022 dengan metode wawancara melalui telepon.

Baca Juga:  Danrem Santiago Sambut Kedatangan Kasdam Merdeka Yang Baru di Bandara Samratulangi

Ada 801 responden dalam survei ini yang dipilih secara acak dari database hasil survei SMRC sebelumnya serta dipilih acak melalui metode random digit dialing.

Margin of error survei ini diperkirakan ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

PDI Perjuangan telah memenangkan 3 dari 5 Pemilu legislatif di era reformasi di mulai 1999.

PDI Perjuangan memenangkan Pemilu 1999, 2014 dan 2019.

Pemilu 2004 dimenangkan Partai Golkar dan 2009 Partai Demokrat.

(JerryPalohoon)

 

 

Example 120x600