Menpan-RB Pengganti Tjahjo Segera Diumumkan

Manado, MANADONEWS –
Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo akan segera menentukan Menpan-RB yang baru pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

Pramono belum membeberkan secara pasti kapan Jokowi akan mengumumkan. Dia hanya mengatakan dalam waktu dekat.

Bacaan Lainnya

“[Ada reshuffle untuk] penggantian tadi,” kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/8).

Pramono menyampaikan menteri baru akan berasal dari PDIP. Sosok itu akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo hasil diskusi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia menyebut sejumlah nama kandidat telah dikantongi Jokowi. Namun, penentuan akhir akan dilakukan setelah pertemuan dengan Megawati.

“Kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Ibu Puan sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas, tetapi nama-namanya sudah ada,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Perkuat Data Profil Desa

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Hingga kini, Jokowi belum menentukan pengganti Tjahjo. Posisi Tjahjo ditangani sementara oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku telah meminta Presiden Jokowi agar mengumumkan Menpan-RB yang baru usai 40 hari Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

“Tentu saja berbagai pertimbangan dilakukan Ketua Umum dan disampaikan ke Presiden Jokowi, tinggal momentum waktunya. Itulah yang kami harap paling tidak setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo,” kata Hasto pada 22 Juli lalu.

“Kami mohon waktu ke bapak presiden yang disampaikan dari Bu Mega bahwa 40 hari itu adalah masa duka cita sesuai tradisi kita,” ujarnya. (Cnn/*)

Pos terkait