Siapkan Generasi Muda Berkarakter Wawasan Kebangsaan, Pangdam Merdeka Buka Persami SWK Tingkat Kodam

MINUT,MANADONEWS.CO.IDPanglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko memimpin upacara pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) terpusat tingkat Kodam yang dipadukan dengan penguatan Pembinaan Teritorial (Binter) TA 2024, Sabtu (3/2/2024) di Desa Watudambo, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara.

Tak hanya Persami, kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat secara serentak di seluruh Indonesia melalui setiap Kotama kewilayahan termasuk Kodam XIII/Merdeka tersebut, juga menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berupa pembagian sembako dan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga mampu memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota pramuka.

Baca Juga:  Jaga Kamtibmas di Sulut, Pangdam Merdeka Gandeng Ketua Mui

“Selaku pembina Saka Wira Kartika tingkat nasional, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” ucap Pangdam.

Dikatakan Pangdam, kegiatan ini adalah salah satu bentuk pembinaan TNI Angkatan Darat sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda dan memberikan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan nilai nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” ujarnya.

Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak juga berharap kepada generasi muda agar dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

“Saya berpesan kepada adik adik sekalian agar mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya. Ilmu yang nantinya didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian alam sekitar,” pungkas Mayjen TNI Legowo Jatmiko.

Baca Juga:  DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat II Penetapan Ranperda APBD 2019

Setelah upacara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan karya bakti penanaman pohon dan pembersihan lingkungan, selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu Dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah” tema tersebut harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Nouldy Tangka, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot CP Sinaga, Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kasiter Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Danny Hermawan, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Letkol, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick Tobing, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo, Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono dan para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran. (Regwilnnlhy)

Baca Juga:  Danrem Santiago Tegaskan Netralitas TNI Dalam Rakor TNI-Polri dan ASN Bersama Bawaslu Sulut

 

Pos terkait