Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

Soal Pencegahan dan Penindakan Bawaslu Telah Melakukan Berbagai Cara

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh ketika membuka kegiatan rapat evaluasi

Manado – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh, mengatakan Bawaslu membutuhkan kritik dan saran dari masyarakat termasuk awak media untuk meningkatkan kerja pengawasan.

Hal ini dikatakan Ardiles Mewoh ketika membuka kegiatan Rapat Evaluasi Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Sulut dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024, di Hotel Sintesa Peninsula, Jumat (7/6-2024) malam.

“Point besarnya adalah apakah Bawaslu sudah bekerja dengan baik? Kami terus melakukan pembenahan dalam internal kelembagaan untuk menatap Pilkada serentak tahun 2024. Berkaca pada Pemilu Februari 2024 kemarin, Bawaslu Sulut akan terus meningkatkan kinerja pengawasan,” kata Ardiles.

Ia menambahkan, Bawaslu mengemban tugas pengawasan yakni pencegahan dan penindakan. Soal fungsi pencegahan Bawaslu telah melakukan berbagai cara.

“Di antaranya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, melakukan sosialisasi dan memberikan saran perbaikan bagi KPU dalam pelaksanaannya,” tukas Ardiles.

Terkait dengan fungsi penindakan, Ardiles menegaskan bahwa Bawaslu telah melakukan penanganan pelanggaran dan sengketa.

“Rasa-rasanya semua telah kami (Bawaslu) lakukan. Tinggal bagaimana masyarakat memilah dan menilai apa yang masih kurang,” tukasnya. (***/Jrp)

 

Exit mobile version