Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSangiheSulawesi UtaraTalaud

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Beri Pengarahan Personel Satgas Operasi Pamputer Kodam XIII/Merdeka

×

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Beri Pengarahan Personel Satgas Operasi Pamputer Kodam XIII/Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka selaku Panglima Komando Tugas Gabungan (Pangkogasgab) memberikan pengarahan kepada personel rotasi Satuan Tugas (Satgas) Operasi Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Kodam XIII/Merdeka, Senin (10/6/2024) di Markas Kodam XIII/Merdeka.

Prajurit Yonif 712/Wiratama, Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata, Yonarmed 19/Bogani, Denzipur 15/Siwagi Lembah Maroso, serta prajurit Kesehatan, Bekang dan Hubdam merupakan Satgas Ops Pamputer Kodam XIII/Merdeka yang baru dan akan menggantikan Satgas Ops Pamputer yang tergelar saat ini dari Yonif 714/Sintuwu Maroso.

MANTOS MANTOS

Untuk diketahui, bahwa pulau pulau kecil terluar NKRI yang berada di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka, yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud adalah merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga kita, yaitu Filipina. Sebagai jalur pelintasan warga negara Indonesia dan Filipina, wilayah tersebut tentu memiliki potensi kerawanan yang relatif cukup tinggi, yakni adanya pelintas batas illegal, adanya pelaku penyelundupan dan perdagangan gelap,khususnya senjata api, munisi dan bahan peledak, adanya pelanggaran batas wilayah dan adanya pencurian kekayaan laut.

Baca Juga:  Lapas Tondano Bersama Lapas Perempuan Manado dan LPKA Tomohon Ziarah di Makam GSSJ Ratulangi

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam pengarahannya menyampaikan sebagai prajurit yang memegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI, tugas operasi merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seorang prajurit.

“Untuk itu bekerjalah dengan niat ibadah yang dilandasi dengan ketulusan, agar hasil kerja dapat maksimal dan semua pekerjaan mendapat pahala. Jangan berpikir keuntungan apa yang saya dapatkan dari satuan, melainkan apa yang dapat saya perbuat untuk satuan,” ujar Pangdam.

Dikatakan Candra, kalian harus memahami betul situasi dan kondisi wilayah perbatasan dan pulau pulau terluar tersebut dengan dinamika yang berkembang saat ini, selalu bersinergi dengan polri, pemerintah daerah dan elemen bangsa serta komponen masyarakat lainnya, serta hindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, melanggar hukum dan bisnis haram lainnya serta jangan pernah merugikan dan menyakiti hati rakyat.

Baca Juga:  Voli Putra Yonif 712/Wiratama dan Voli Putri Koorcabrem Santiago Juara Piala Pangdam Merdeka 2024

“Siapkan mental, fisik dan mind set, bahwa situasi dan kondisi di daerah tugas nantinya tidaklah ideal, sehingga kalian harus selalu siap menghadapi setiap dinamika yang berkembang,” kata mantan Kadispenad itu.

Satgas Pamputer Kodam XIII/Merdeka akan menjalankan tugas negara yakni mengamankan perbatasan dan pulau pulau kecil terluar di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka selama 365 hari dalam kurun waktu tahun 2024. Adapun penempatan pos yang nanti nya akan ditempati, yakni pos Kabaruan, pos Marampit, pos Miangas, pos Kawaluso dan pos Marore.

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem 131/Santiago, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Sigfried Wellem Panaha, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick.(Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *