Italia Taklukkan Juara Bertahan Spanyol

  • Whatsapp
Giorgio Chiellini sukses mencetak gol di menit ke-33, pada laga babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade de France, Senin (27/6). Foto: REUTERS/John Sibley
Giorgio Chiellini sukses mencetak gol di menit ke-33, pada laga babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade de France, Senin (27/6). Foto: REUTERS/John Sibley
Giorgio Chiellini sukses mencetak gol di menit ke-33, pada laga babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade de France, Senin (27/6). Foto: REUTERS/John Sibley

PARIS, MANADONEWS Italia memastikan satu tempat di babak perempat final, usai menaklukkan Spanyol 2-0 di babak 16 besar pada laga yang digelar di Stade de France, Senin (27/6). Dua gol Italia dicetak oleh Giorgio Chiellini (33′) dan Graziano Pelle (92′).

Kekalahan tersebut sekaligus mengakhiri mimpi Spanyol untuk menjuarai Piala Eropa tiga kali berturut-turut.

Bacaan Lainnya

Italia yang diprediksi akan tampil bertahan justru bermain lebih menyerang dan mendapatkan beberapa peluang berbahaya pada awal babak pertama. Eder, Graziano Pelle dan Emanuele Giaccherini bergantian menebar ancaman pada sepuluh menit pertama. Namun, belum ada gol yang tercipta.

Kebuntuan akhirnya pecah saat pertandingan masuk menit ke-33. David De Gea gagal menangkap bola tendangan bebas Eder dengan sempurna. Bola liar disambar oleh Giaccherini sebelum akhirnya dengan mudah diteruskan oleh Giorgio Chiellini.

Baca Juga:  Wawali SAS Hadiri Perayaan Paskah Kevikepan Tomohon

Usai tertinggal, Spanyol coba memperbaiki permainannya. Namun, upaya yang digalang oleh David Silva dan Andres Iniesta masih belum bisa menembus solidnya lini bertahan Italia. Keunggulan 1-0 untuk Italia bertahan hingga babak pertama usai.

Aritz Aduriz dimasukkan untuk menggantikan Nolito pada awal babak kedua. Terlihat pelatih Vicente del Bosque ingin Spanyol tampil lebih menyerang. Hasilnya, Spanyol mampu menguasai pertandingan dan menciptakan beberapa peluang dari Alvaro Morata.

Meski lebih banyak tertekan, justru Italia nyaris menambah gol pada menit ke-55. Eder memenangkan adu lari dengan para pemain belakang Spanyol, usai menerima umpan dari Pelle. Namun, sontekan akhirnya masih belum mampu melewati penjagaan De Gea.

Buffon menyelamatkan gawang Italia dari dua ancaman beruntun yang dilepaskan oleh Iniesta dan Gerard Pique pada menit ke-76 dan 77. Pertahanan Italia terlihat mulai rentan ditembus oleh para pemain La Roja. Namun, pada momen ini Spanyol justru harus menarik keluar Aduritz karena cedera.

Sibuk menyerang membuat Spanyol melupakan pertahanan. Hal tersebut langsung dihukum oleh Italia dari serangan balik pada masa perpanjangan waktu. Darmian menguasai bola dengan bebas langsung memberikan umpan yang tuntaskan dengan sempurna oleh Pelle. Unggul 2-0 membuat Italia melangkah ke babak perempat final

Baca Juga:  Pangdam XIII/Merdeka Kunjungi Prajurit Satgas BKO Apter di Papua

Kekalahan dari Italia ini membuat Spanyol, untuk pertama kali sejak 1988 silam, menderita kekalahan di Piala Eropa sebanyak lebih dari dua gol. Saat itu Spanyol tumbang 0-2 dari Jerman Barat.

Italia bakal kembali menghadapi lawan berat di babak perempat final, lantaran telah ditunggu Jerman yang mampu menundukkan Slovakia 3-0.

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): De Gea; Juanfran, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Fabregas, Busquets, Iniesta; David Silva, Morata (Lucas Vazquez 70′), Nolito (Aduritz 46’/ Pedro 81′).

Italia (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Florenzi (Darmian 85′), Parolo, De Rossi (Motta 54′), Giaccherini, De Sciglio; Pelle, Eder (Insigne 81′).

[Bola | CNN]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *