Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPemerintahanTotabuan

Terima Pendemo,DPRD Akan Tindaklanjuti Pelanggaran PT Conch

×

Terima Pendemo,DPRD Akan Tindaklanjuti Pelanggaran PT Conch

Sebarkan artikel ini

 
BOLMONG,MANADONEWS,-.Semakin banyaknya permasalahan yang muncul serta disebabkan oleh PT Conch North Sulawesi Cement yang berada di Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong ),membuat sekitar ratusan warga desa yang ada di lingkar tambang tersebut,melakukan unjuk rasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Bolmong pada jumat siang ( 7/4 ).

MANTOS MANTOS

Pendemo mempertanyakan kejelasan status dari warga lingkar tambang PT Conch,yaitu warga Desa Solog, Desa Diat,Desa Kaiya,serta Desa Inobonto.4 Desa yang berdekatan dengan tambang ini,meminta kejelasan Upah Minimum Provinsi ( UMP ) bagi buruh yang bekerja di perusahan yang berasal dari Negara Cina tersebut.

Selain itu,warga menuntut ganti rugi lahan yang sampai saat ini,belum terselesaikan,serta meminta kepada pihak perusahan PT Conch untuk lebih memprioritaskan pekerja lokal.

” Terkait dengan penyelesaian kasus yang ada di perusahaan PT Conch,kami meminta kepada Anggota DPRD untuk membentuk Panitia Khusus ( Pansus ),kalau untuk Pemkab,kami mendesak agar ada Memorandum Of Understanding (MOU) bersama PT. Conch terkait kesepakatan antara perusahaan dan pihak pemilik tanah,agar dipekerjakan di perusahaan “Muklis Damogalat.

Rasman Mahanu,warga lingkar tambang Perwakilan Kaum Tani,dalam orasinya mengatakan,aktivitas PT Conch sudah sangat mengganggu kehidupan warga yang ada di lingkar tambang.” Apa yang akan kami makan,kami ini hanya petani,jika PT Conch mengambil lahan kami.Mau cari nafkah dimana “cetusnya.

Sementara itu, Fahri Bahmit Perwakilan Kaum Nelayan dalam orasinya mengatakan,dengan adanya pembangunan dermaga,mereka sangat terganggu ” Aktifitas ketukan-ketukan yang keras sangat menggangu,sehingga pendapatan kami berkurang.Waktu yang lalu,pihak Dishub sudah turun ke lokasi,namun disaat mereka pulang,aktifitas kembali dilakukan.Saya tegaskan,kalau aktifitas ini masih berlangsung,kami akan bertindak dengan cara kami “tegas Fahri dengan nada tinggi.

Masih ditempat yang sama,Suparman Langkau,Perwakilan Buruh mengatakan, selaku buruh di perusahaan semen tersebut merasa diabaikan.” Kami hanya di beri upah 95 ribu perhari,sedangkan tenaga kerja dari cina 600 ribu perhari,ini tidak adil.Jaminan kesehatan juga,kami tidak ada ” ujar Suparman.

Massa pendemo ini, disambut langsung oleh para Anggota DPRD, Pemkab, serta Dinas terkait, di ruangan Aspirasi Rakyat DPRD Bolmong.

Wakil Ketua DPRD Bolmong Kamran Muchtar Podomi mengatakan,aspirasi yang disampaikan oleh peserta unjukrasa Aliansi Lingkar Tambang ini akan segera ditindaklajuti.

” Secepatnya, kami akan tindaklanjuti, bersama pihak Pemkab dan Dinas terkait agar menyelesaikan masalah tersebut,sehingga tidak berlarut-larut “ujar Kamran.
( steven rapar )

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *