Warga 4 Desa Blokir Jalan Masuk Lahan Eks HGU

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Petani Penggarap lahan Eks Hak Guna Usaha (HGU) yang berada di wilayah Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama warga dari 4 desa, yakni Desa Lolak II, Desa Padang, Desa Lolak Tombolango dan Desa Lolak melakukan pemblokiran jalan masuk ke lokasi Lahan eks HGU yang berada di Desa Lolak II, Selasa (5/12) siang.

Aksi ratusan massa ini disebabkan karena mereka menolak pihak PT. Anugrah Sulawesi Indah untuk melakukan penanaman kelapa sawit di wilayah perkebunan lahan eks HGU yang diketahui selama puluhan tahun digunakan warga untuk berkebun.

Dari pantauan, sekitar 500 meter jalan akses masuk ke perkebunan tersebut di tutup dengan mengunakan pohon pisang dan beberapa pepohonan lainnya. Terlihat juga dalam aksi ini, warga meminta bantuan kepada bapak Rahmat Ali Algaus, SH untuk mendampingi aksi pemblokiran jalan tersebut.

Suasana sempat berlangsung panas dikarenakan sempat terjadi cekcok antara warga dan PT. Anugrah Sulawesi Indah yang dikawal langsung oleh Tim Maleo Polres Bolmong.

Baca Juga:  Dendam Membara, Ayah dan Anak Aniaya Siswa SMA

 

 

Ketegangan akhirnya reda setelah pihak humas PT. Anugrah Sulawesi Indah, Hem Mokoginta dan Kordinator Aksi, Rahmat Ali Algaus, SH bersama Tim Maleo Polres Bolmong melakukan negosiasi yang berujung pada keputusan, bahwa pihak PT. Anugrah Sulawesi Indah untuk saat ini belum bisa melakukan pekerjaan atau melakukan penanaman sawit di perkebunan tersebut.

Pasca pertemuan tsrsebut, kordinator aksi Rahmat Ali Algaus. SH mengatakan, dirinya bersama Aliansi Petani Penggarap Eks Lahan HGU dan warga 4 Desa akan melakukan aksi demo damai di kantor DPRD Bolmong pada hari Kamis tanggal 7 Desember nanti.

” Aksi demo damai ini akan mengerakan masa kurang lebih 1000 masyarakat yang menduduki lahan Eks HGU tersebut, dan dalam aksi demo damai ini pihak masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Petani Pengarap Lahan Eks HGU meminta kebijakan dan kejelasan dari pihak Pemerintah Daerah dan pihak DPRD Bolmong terkait perusahaan tersebut,” ujar Algaus.

Dijelaskan, bahwa saat ini surat pemberitahuan aksi demo damai tersebut sudah di serahkan ke Polres Bolmong.

Baca Juga:  Eman Pantau Proses Pelayanan di MPP

” Surat demo damai sudah kami serahkan ke pihak Polres Bolmong,”pungkas Algaus yang dikenal vokal dan gigih dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.
( stvn )