Mardiyanto Arif Rakhmadi Apresiasi Langkah Pemkab Sitaro



Siau, Manadonews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menunjukan komitmen untuk mengimplementasikan perencanaan berbasis elektronik sebagaimana amanat undang-undang.

Bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Pemkab Sitaro langsung melakukan penginputan RKPD tahun 2021 dalam Simda Integrated.

Kegiatan penginputan dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 8 dan 9 Januari 2019, langsung dilakukan tim Bappelitbangda Pemkab Sitaro didampingi tim dari BPKP.

Koordinator pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Mardiyanto Arif Rakhmadi, mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Sitaro yang terus memacu perencanaan berbasis elektronik melalui Simda Integrated.

“Kami akan terus melakukan pendampingan dalam setiap tahapan penginputan dalam Simda Integrated,” ujar Arif Rakhmadi.

Lanjut Arif, komitmen dan upaya Pemkab Sitaro sangat diapresiasi perwakilan BPKP Sulut dan menjadi contoh komitmen dan keseriusan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan perencanaan berbasis elektronik.

“Pada sejumlah kesempatan dengan pimpinan daerah lain, kami terus menyampaikan komitmen Pemda Sitaro dalam upaya penginputan melalui Simda Integrated, menjadi pelecut semangat bagi daerah lain untuk berkompetisi menggunakan sistem perencanaan berbasis elektronik untuk meningkatkan transparansi perencanaan daerah,” jelas Arif.

Di kesempatan yang sama, kepala Bappelitbangda Kabupaten Sitaro, DR. Agus Poputra, S.E, M.M, M.A.Ak, menegaskan bahwa komitmen untuk menerapkan perencanaan bahkan penganggaran berbasis elektronik akan pula dibarengi dengan peningkatan infrastruktur pendukung sehingga ke depannya tidak ada hambatan pada tahap penginputan.

“Pemda Sitaro akan terus meningkatkan infrastruktur penunjang sehingga proses penginputan tidak akan terhambat karena untuk penyusunan RKPD 2021 akan langsung menggunakan Simda Integrated,” tutur Agus Poputra.

Kabid Perencanaan Ekonomi dan SDA, Ronald Pakasi, S.E, M.Si, menejelaskan bahwa proses selanjutnya akan dilakukan penginputan rancangan awal Renja oleh seluruh perangkat daerah.

“Perangkat daerah selanjutnya akan menginput rancangan awal Renja, diharapkan tidak akan memakan waktu lama karena tahun 2019 pelatihan dan proses sudah pernah dilakukan,” tukas Ronald Pakasi yang didampingi tim Bappelitbangda, Hendra Padang, S.E, Amelia Ambui, S.T, Reinold Bawoleh, S.H, dan Gerlfrits Lumintang, S.S.

Baca Juga:  Sekdakab Sitaro Pimpin Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19

(YerryPalohoon)